CARA SUKSES DI TENGAH PANDEMI: BISNIS MLM & PERUSAHAAN MLM ANDA TERDAMPAK (POSITIF/ NEGATIF) JUGA?

Sebagai distributor/ member aktif, Anda pastinya tidak ingin ada hal buruk terjadi di perusahaan MLM Anda, hal buruk terjadi di perusahaan MLM tempat Anda mengembangkan bisnis, sering kali hal itu berarti hal buruk berpotensi besar berdampak kepada para distributor aktifnya.

Artinya bisnis MLM Anda bisa terkena dampaknya, dan sepertinya hal itu yang sekarang banyak juga terjadi di masyarakat.

Pandemi yang dimulai tahun 2020 kemarin hingga saat ini masih belum terlihat mereda, dan dampak ekonominya terasa kepada banyak sekali perusahaan yang tutup dan tidak pernah bisa buka kembali, pekerja yang diPHK, dan sepertinya bisnis MLM tak terkecuali.

bisnismlm.org

Perusahaan MLMpun tidak terlepas dari faktor ini, dan dengan berbagai faktor dan alasan, company manapun bisa terkena dampaknya hingga bisa tutup. Omset turun, tim rontok, tidak lagi ada event offline, tidak lagi ada offline personal touch, semuanya datang di tengah ketidaksiapan komunitas pebisnis MLM.

Namun ada juga bisnis MLM yang terdampak secara positif, karena banyak orang yang kehilangan pekerjaan sehingga bingung mau ngapain lagi akhirnya join bisnis MLM. Nah apakah dampak secara positif ini akan berlangsung terus, atau bagaimana menanggapinya?

Di sini kita akan membahas beberapa faktor positif negatif yang berpotensi, akibatnya kepada perusahaan MLM, dan apa yang Anda perlu lakukan sehingga terkena dampak ke bisnis MLM Anda.

Kita mulai dari dampak secara negatifnya pandemi ke bisnis MLM Anda.

#1 EKONOMI KURANG KUAT

Bisa jadi perusahaan yang Anda ikuti bangkrut karena masih baru launching tepat sebelum pandemi ini terjadi.

Dengan kondisi seperti ini, tidak banyak yang bisa dilakukan, apalagi ini bukan kesalahan perusahaan tersebut, namun kondisi.

Atau perusahaan MLM tersebut sudah agak lama, kurang inovatif, dan telah berada di posisi bisnis yang kurang kuat sebelumnya.

Pandemi ini bisa jadi pemantik untuk kolapsnya perusahaan MLM yang tidak kuat, terutama secara ekonomi.

#2 MARKET TERGERUS, TIDAK LAGI BELANJA

Di tengah situasi ekonomi seperti ini, banyak orang yang akan mengurangi kran belanjanya untuk hal- hal yang menurut mereka tidak primer, jadinya ada cukup besar kemungkinan mereka mengurangi beli produk MLM.

Namun bila dulunya para member aktif Anda bukan hanya jualan produk ke konsumen akhir tapi juga rekrut untuk bangun jaringan, cukup besar kemungkinannya bisnis Anda akan bertahan dan bahkan mungkin meningkat di tengah pandemi seperti ini.

Banyak orang mempunyai prioritas berbeda sekarang, dimana mereka perlu sumber income tambahan atau sumber income baru.

#3 KURANG LEADER, MEMBER AKTIF DULU FOKUS JUALAN & BUKAN REKRUT

Bisa jadi Anda punya member aktif tapi aktifitasnya dari dulu bukannya rekrut, tapi jualan produk.

Di hari- hari seperti ini, seperti yang dibahas di point ke 2, mereka mengalihkan/ mengurangi belanja ke kebutuhan non primer, dan fokusnya kepada hal produktif yang menghasilkan income.

Bila para member aktif Anda terbiasa rekrut, ini bisa menjadi berkat tersendiri untuk mereka.

Namun bila fokus member aktif Anda dulu adalah jualan, maka ini waktunya untuk mereka di-training untuk ke ekspansi bisnisnya dalam rekrut.

#4 CARA JALAN LAMA TIDAK LAGI RELEVAN

Artinya dulu Anda jalan full offline, dan kemudian di tengah pandemi seperti ini banyak orang yang takut untuk bertemu offline akhirnya dengan skill seadanya secara rutin mengadakan zoom meeting (webinar), dan seluruh tim melakukan seperti ini.

Bisa melakukan zoom meeting di bisnis MLM adalah lebih baik ketimbang komunikasi via Whatsapp, namun Anda tahu bahwa itu tidak cukup sama sekali.

Orang bisa jadi bosan, capek, jenuh, bahkan bila prospek sama sekali belum mengerti cara penggunaan zoom juga menjadi penghalang.

Jadinya, zoom meeting tidak menjawab secara keseluruhan solusinya.

Saya melihat hal ini sudah sejak lama, dan membangun online support untuk seluruh tim saya untuk mengembangkan bisnisnya dari berbagai aspek, bahkan untuk yang belum mengerti sama sekali untuk jalankan bisnis MLM secara online.

Hari- hari ini, skill bisnis online menjadi kebutuhan, tugas leader sekarang di era new normal adalah membuat ‘menjalankan secara online’ ini menjadi bisa dilakukan semua timnya.

#5 TIDAK JADI EKSPANSI

Ada perusahaan MLM yang mestinya mau masuk Indonesia, akhirnya tidak jadi.

Atau ada perusahaan lokal yang mestinya mau ekspansi, buka kantor baru, launching produk baru, buat event sana sini untuk ekspansi, akhirnya tidak jadi karena melihat situasi yang belum mendukung seperti ini.

Tidak jadi ekspansi seperti ini pun akan berdampak kepada para membernya, omset, brand image, dll.

Secara keseluruhan memang 5 hal ini seperti efek bola salju negative yang Anda perlu siapkan obat mujarabnya untuk diobat bila sudah terlanjur terjadi.

YANG BISA ANDA LAKUKAN DI BISNIS MLM DI ERA NEW NORMAL/ PANDEMI

Lindungi aset Anda, yaitu para member, daftar nama, para tim/ downline Anda, terus support mereka.

Keep contact dengan jaringan Anda untuk bisa support mereka, setidaknya bila keadaan tidak baik, Anda bisa berikan update bahwa Anda sedang mengusahakan sesuatu, seperti misalnya melihat ada perusahaan baru yang memungkinkan untuk join ulang lagi bersama- sama dengan jaringan lainnya.

Mulai cari ganti MLM alternatif, dengan cara menjalankan yang lebih update.

MLM baru, perusahaan baru, dengan cara jalan lama yang terbukti tidak efektif di era new normal jelas bukan solusi. Bila Anda mau total sukses jalankan bisnis MLM di era new normal ini, waktunya Anda pelajari berbagai skill baru, cari tim baru, yang sesuai dengan era ini.

EFEK POSITIF PANDEMI KE BISNIS MLM ?

Mungkin Anda melihat dulu waktu pandemi awal- awal, tiba- tiba banyak sekali WA story, IG story dari teman- teman Anda tiba- tiba masuk ke bisnis MLM dan mulai promosi produk MLM.

Ini bisa dibilang banyak orang bingung mau ngapain lain tiba- tiba masuk ke bisnis MLM dengan berharap untuk bisa sukses menghasilkan income setelah dia di PHK, atau bisnisnya tutup, sehingga tidak punya income lagi.

Bila Anda termasuk pebisnis MLM yang terkena dampaknya secara positif seperti ini, menurut saya ini memberikan PR lagi.

PR nya adalah

  1. banyak dari mereka yang belum pernah bisnis sebelumnya
  2. banyak dari mereka join MLM tidak tahu bagaimana menjalankan bisnis MLM
  3. mungkin tim yang mereka joinkan juga mengalami belum pernah jalankan bisnis MLM secara online, baik itu untuk jualan maupun ekspansi timnya secara konsisten

3 hal di atas tentu adalah PR baru yang perlu disiapkan di awal, sehingga ‘tim rontok’ tidak terjadi di bisnis MLM Anda.

Jadi tidak semua hal positif ini memberikan dampak positif di bisnis MLM, memang semua masalah ini bisa jadi muncul tanpa ada solusinya di awal.

Namun sebagai pebisnis, Anda bisa siapkan itu semua sambil jalan, dan yang jelas ini akan menjadi tahun- tahun yang semakin menarik di bisnis MLM.

BISNIS MLM BISNIS TAHAN KRISIS

Bila dikerjakan dengan benar, bisnis MLM bisa menjadi bisnis tahan krisis (klik open new tab), pastikan cek blog post berikut ini dari saya.

Perlu teman sharing di tengah situasi ini untuk bisnis MLM Anda?

Anda bisa kirim email ke [email protected] untuk men-sharingkan yang Anda alami di bisnis MLM Anda di tengah pandemi, saya mungkin akan membuat konten khusus untuk membantu situasi Anda, atau mungkin membantu Anda dengan satu atau lain hal cara.

Di kesempatan selanjutnya saya akan sharingkan rencana pribadi, persiapan saya , dan eksekusinya yang telah saya siapkan di era new normal ini.