Apakah Marketing Plan Menentukan Gagal Atau Suksesmu Di Bisnis MLM?

Apa dengan ganti marketing plan akan bisa sukses, atau di kasus lain akan membuat lebih mudah/ cepat sukses di MLM?

Sebenarnya label yang tepat adalah ‘compensation plan’ atau ‘rencana kompensasi, dan bukan ‘marketing plan’. Namun karena telah banyak di Indo menggunakan nama ini maka saya akan menggunakan kedua label ini bergantian dengan maksud yaitu ‘rencana kompensasi’ tadi.

Di postingan ini kita akan membahas apakah dengan ganti perusahaan, dengan harapan/ tujuan ganti marketing plan maka hasilnya akan lebih bagus, lebih sukses.

Bahkan ada pandangan di bisnis yang satu tidak bisa sukses karena MLM sistem matahari dan berharap untuk mengembangkan di marketing plan di perusahaan MLM lainnya karena lebih mudah karena sistemnya binary.

Mari kita bahas detailnya, dan sebenarnya ada 2 bahasan utama untuk menjawab ‘Ya’ dan ‘Tidak’ dari pernyataan ini.

Sistem comp plan apapun pada dasarnya ada plus minusnya semua. Jadi mari kita bahas.

#1 Lebih menguntungkan iya, lebih cepat sukses di bisnis MLM: iya

Ganti perusahaan yang alasannya adalah ganti marketing plan yang telah Anda Analisa, dengan pertimbangan untuk lebih menguntungkan dan lebih cepat.

Ini bisa dibilang ‘Ya, benar!’.

Jadi misalnya, dibandingkan sistem matahari, maka lebih mudah untuk mengembangkan 2 jalur saja, dan mereka akan lebih termotivasi untuk bekerja sama satu dengan yang lainnya.

Ini benar adanya.

Kalau untuk seputar ‘lebih menguntungkan yang mana’, sebenarnya ini Kembali ke ‘berapa % margin yang diberikan perusahaan’ kepada para distributornya, dan di level mana pembagiannya itu dilakukan lebih besar.

Jadi saya tidak membahas sistem ini lebih bagus dari sistem itu (karena semua ada plus minusnya), atau secara specific sistem matahari lebih bagus dari sistem binary, sekali lagi: Tidak.

Bukan itu esensinya.

Saya hanya mengambil contoh bahwa bila dilihat dari segi ‘mudahnya’ untuk membangun tim, binary memang lebih mudah karena Anda hanya mengembangkan 2 jalur, dibandingkan sistem matahari.

#2 Bila Anda gagal karena masalah inti tidak bisa kembangkan tim maka Anda marketing plan apapun tidak ada bedanya.

Nah di bahasan kedua ini lebih menarik, yang mana lebih banyak orang yang sebenarnya masuk di kategori ini.

Bila Anda berharap dengan ganti ‘sistem marketing plan’ dengan pindah perusahaan, bisa join kemudian dengan tidak melakukan apapun untuk bisa hasilkan income dari sistem marketing plan apapun, maka ini adalah anggapan yang salah (Anda lebih cocok investasi ketimbang bisnis dalam hal ini).

Sistem marketing plan apapun mau binary, matahari, single line/ monoline, matrix, board plan atau apapun system yang Anda mau bahas, semuanya punya kesamaan mendasar:

  • Anda tetap perlu rekrut
  • Anda tetap perlu bangun tim

Tanpa 2 hal ini, Anda tidak akan sukses di bisnis MLM apapun dengan comp plan apapun.

Bila mempunyai 2 hal di atas, Anda akan sukses di bisnis MLM apapun, di sistem marketing plan apapun.

Hanya saja, bila salah marketing plan, maka secara hitung- hitungan bisnis maka profit Anda akan lebih sedikit dibandingkan sistem yang lain, namun setidaknya Anda akan sukses walaupun dengan kondisi seperti ini.

Jadi 2 pembahasan utama ini saya pastikan akan menjawab pertanyaan Anda seputar akar masalah untuk berganti marketing plan/ ganti perusahaan ya.