5 ALASAN Mengapa robert kiyosaki merekomendasikan bisnis mlm

MENGAPA ROBERT KIYOSAKI MEREKOMENDASIKAN BISNIS MLM

Robert Kiyosaki tidak pernah menjalankan bisnis MLM namun dia menuliskan 2 buku minimal yang merekomendasikan orang untuk masuk ke bisnis MLM. Anda bisa membeli 2 bukunya di Gramedia, saya telah membaca keduanya, seperti biasa, buku yang dia tuliskan selalu menarik dan mudah dibaca.

Lalu mengapa orang seperti Robert Kiyosaki bisa merekomendasikan MLM sedangkan latar belakang orang ini adalah:

  1. Investor property & bisnis pada umumnya
  2. Tidak pernah jalan bisnis MLM

Itulah yang menjadi focus kita di info kali ini di bisnisMLM.org.

Info ini ditulis murni opini saya pribadi, dari membaca berbagai buku karangannya, serta melihat update youtube Robert sampai hari ini.

Saya masih melihat korelasi & hubungan yang sangat kuat, hamoni, dari seluruh yang dia tuliskan sampai sekarang, termasuk di youtube videonya (Rich Dad Youtube Channel).

Berikut ini opini saya mengapa Robert Kiyosaki merekomendasikan MLM untuk banyak orang.

#1 PROSESNYA SAMA DI BISNIS non MLM

Bila Anda berada di tim bisnisMLM yang benar, Anda akan tahu bagaimana melihat & memperlakukan bisnis MLM Anda sebagai benar- benar bisnis, dan bukannya sebagai ajang kumpul- kumpul yang tidak produktif, atau ajang pamer dll.

Proses untuk sukses di bisnis di luaran sana kurang mirip dengan proses suksesnya di bisnis MLM.

Saya merasa seperti ini karena pengalaman bisnis online offline, MLM & non MLM yang saya alami memang seperti ini.

Proses suksesnya sama juga dengan yang dialami Robert Kiyosaki di dunia bisnis juga, dan bisa dibilang walaupun ada masalah masing- masing di 2 jenis bisnis ini (MLM dan bisnis non MLM), mereka selalu punya masalah yang bisa dibilang sama seimbang tingkat kesulitannya secara umum.

Di MLM masalahnya kurang lebih berkaitan dengan tim, orang, pengambangan jaringan, pengembangan sistem dll dan jarang sekali berkaitan dengan administrasi & logistic karena itu adalah tugas si perusahaan.

Di bisnis non MLM masalahnya lebih kompleks & scoop lebih luas, namun bila ditimbang, kurang lebih sama menantangnya dengan bisnis MLM.

Kreatifitas, keberanian, dan benar- benar menjadi mindset/ mental pebisnis adalah kunci sukses juga di bisnis MLM. Ini alasan pertama.

#2 LEVERAGE/ DAYA UNGKIT

Berhenti bekerja berdasarkan waktu yang Anda setorkan, berhenti bekerja dibayar berdasarkan waktu yang Anda tukarkan untuk gaji. Anda tidak akan bisa kaya dan tidak ada sama sekali ‘freedom’ atau kemerdekaan di sana untuk melakukan apa yang Anda inginkan, kapanpun itu.

Itu adalah salah 1 pesan awal dimana Robert Kiyosaki memberitahu banyak orang di dunia, khususnya bagi mereka yang sudah atau mengarah ke dunia kerja/ karyawan.

Daya ungkit adalah kemewahan yang tidak diajarkan di sekolah dan telah menjadi rahasia banyak sekali orang hari- hari ini untuk mencapai apapun yang mereka inginkan.

Namun ini menjadi topik yang paling tidak dibahas dan sedikit dimengerti oleh terlalu sedikit orang.

Singkatnya bila Anda masuk ke bisnis MLM, Anda akan mempunyai bisnis yang secara struktur telah di-design untuk membuat Anda menang & punya daya ungkit untuk menuju sukses & menghasilkan income.

LEVERAGE- THE JOY AND BEAUTY OF MLM: HOW YOU CAN LEVERAGE AND TAKE  ADVANTAGE OF NETWORK MARKETING | GNLD: The best opportunity

Daya ungkitlah yang memungkinkan Anda untuk:

  • Passive income
  • Menghasilkan income terus walaupun Anda tidak sedang bekerja
  • Menghasilkan jauh lebih banyak ketimbang karyawan yang bekerja sangat keras sepanjang tahun
  • Membuat Warren Buffett & Jeff Bezos menjadi salah 1 orang terkaya dunia

Compensation plan di bisnis MLM adalah daya ungkit. Karena dibuat sedemikian rupa menjadi win win solution untuk Anda dan tim Anda dan semua pihak menjadi win.

Pada satu waktu tertentu saat investasi & bisnis Anda menjadi cukup besar di bisnis ini, ini memungkinkan Anda untuk mengenal yang Namanya income secara eksponensial.

Produk yang siap jual di bisnis MLM adalah daya ungkit.

Produk yang bagus tanpa Anda perlu muncul ide sendiri, sedangkan Anda bisa dapatkan aksesnya hanya dengan paket join yang super murah.

Saya akan mencoba membahas di lain waktu dengan lebih detail tentang daya ungkit ini.

Daya ungkit di MLM merupakan salah satu yang terpenting di bisnis, yaitu orang lain & uang orang lain.

#3 PENGEMBANGAN DIRI

Tidak mungkin Anda sukses di bisnis manapun termasuk di bisnis MLM bila tidak ada pengambangan diri, tidak ada pengembangan karakter.

Karakter positif, pikiran & mindset positif, pengetahuan teknis yang cukup, merupakan hal mutlak untuk dimiliki di bisnis manapun termasuk bisnis MLM.

Article: Self-development at work: Here's how? — People Matters

Robert Kiyosaki juga melihat ini merupakan segi positif dari bisnis MLM.

1 hal yang paling terlihat dari bisnis MLM, khususnya dengan cara menjalankan gaya lama adalah pengembangan diri mulai terlihat di hari pertama di bisnis ini.

Terutama bila Anda telah terlalu lama dikungkung dengan ide & lingkungan yang tidak mendukung Anda untuk di dunia bisnis, yang main aman, yang tidak aktif, maka itu benar- benar menjadi pelajaran luar biasa untuk Anda.

Robert melihat hal ini terjadi & merekomendasikan bisnis MLM terutama karena hal ini.

#4 BANTU ORANG LAIN, TEAM BUILDING

Kita tahu untuk sukses di bisnis MLM, kita perlu membantu orang lain untuk sukses.

Tahukah Anda bahwa di bisnis non MLM pun hal ini sebenarnya juga berlaku?

Untuk sukses di bisnis non MLM, Anda juga perlu banyak orang kompeten yang menjalankan tugasnya.

Semakin banyak Anda punya ‘direktur’ yang kompeten, tentu dengan gaji yang tinggi, artinya semakin produktif bisnis Anda dan semakin tinggi dan besar profit Anda.

Terlepas dari apapun sebutannya di bisnis MLM vs non MLM, sebenarnya tim yang kompeten itu benar- benar inti dari pengembangan bisnis apapun di seluruh dunia.

Membangun tim adalah pekerjaan setiap hari pebisnis MLM, sedangkan di bisnis non MLM hal yang sama juga terjadi.

Untuk bisa buka cabang, bisnis manapun perlu tim yang solid untuk bisa menghandle cabang baru tersebut. Diperlukan orang yang tepat, bisa jadi orang lama yang dipromosikan untuk mengerjakan hal baru tersebut, yang perlu dibantu untuk punya skill baru.

Jadi Robert Kiyosaki mengerti salah satunya di BI Triangle yang dia promosikan di bisnis versi Robert, ada 1 bagian penting yaitu: tim.

#5 PROSES TUMBUH DI KUADRAN KANAN

Akhirnya alasan terakhir Robert Kiyosaki merekomendasikan MLM adalah untuk proses tumbuh ke kuadran kanan.

MLM idealnya menjadi mesin uang banyak orang. Dari mesin uang tersebut mereka bisa mulai masuk ke kuadran ke 4 yaitu investor.

Tanpa banyak uang, tidak mungkin menjadi seorang investor.

Menurut Robert, investor adalah capitalist, yang mana artinya mempunyai uang yang menghasilkan uang lagi untuk si investor tadi.

Sedangkan pebisnis adalah mempunyai sistem yang menghasilkan untuknya.

Jadi dengan Anda aktif di bisnis MLM Anda, menghasilkan banyak uang, Anda juga di step selanjutnya bisa mulai menghasilkan income dari investasi misalnya property dll.

Kuadran kanan dalam 1 paket bisa dicapai melalui bisnis MLM , dan semakin banyak orang yang mengembangkan dirinya di kuadran kanan , semakin baik hasil & dampaknya untuk masyarakat luas.

Jadi demikian alasan mengapa Robert Kiyosaki merekomendasikan bisnis MLM walaupun dia tidak pernah menjalankan bisnis MLM apapun.