MARKETING PLAN COMP PLAN BISNIS MLM TERBAIK PALING SEMPURNA, ADAKAH?

Semua member/ distributor MLM merasa perusahaannya terbaik, termasuk dalam hal ini adalah marketing plannya. Ada juga yang sibuk menganalisa marketing plan perusahaan MLM mana yang terbaik, paling menguntungkan, paling ini dan paling itu. Di satu sisi bisnis MLM tahan krisis itu ada benarnya, namun tidak semua bisnis MLM, karena ada faktor seperti marketing plan ada yang bagus, jelek, dan ada yang benar- benar bagus.

Marketing plan terbaik itu belum tentu sempurna.

Nyatanya, semakin kita menganalisa banyak sekali marketing plan, kita semakin mengerti bahwa di semua bisnis MLM marketing plan/ compensation plannya itu semuanya ada plus dan minus.

Tugas kita sebagai distributor hanya mempertimbangkan dan kemudian memilih, mana dari semua yang ada, dengan plus dan minusnya, yang paling cocok untuk Anda, yang paling bisa Anda terima sesuai dengan kondisi Anda.

Jadi ketimbang melihat plus minusnya saja, dan berusaha mencari yang paling sempurna (ini sih tidak salah), sepertinya lebih baik dan lebih bermanfaat untuk Anda bahwa untuk mencari mana yang lebih sesuai dengan kriteria nilai plus/ kelebihan Anda sendiri sebagai distributor MLM.

JUAL VS REKRUT VS KEMBANGKAN TIM

3 hal ini adalah rutinitas bisnis MLM, menjual produk, rekrut tim baru, dan mengembangkan tim.

3 hal ini yang menjadi faktor penentu di seluruh marketing plan yang ada di dunia, termasuk di Indonesia.

Tinggal Anda pilih dari 3 faktor utama penentu di marketing plan manapun, Anda ambil yang paling titik beratnya sesuai dengan skill & kemampuan Anda.

Misalnya Anda lebih memilih untuk jualan ketimbang rekrut/ mengembangkan tim, jadilah Anda cari marketing plan yang support ke jualan Anda, karena Anda lebih suka atau lebih potensial bila melakukan jualan.

Demikian berlaku dengan bila Anda tahu bahwa Anda lebih bagus dalam rekruting, jadinya cari marketing plan yang punya titik berat bagus di rekruting yang bisa memberikan Anda imbal hasil terbaik.

KESIMPULAN MARKETING PLAN TERBAIK

Bila Anda masih mencari marketing plan terbaik, sepertinya Anda sudah lebih mengerti mengapa ‘marketing plan terbaik’ itu adalah yang paling ‘support’ untuk kelebihan karakter/ style bisnis MLM Anda.

Memang ada bisnis MLM yang marketing plannya relatif bisa dibilang terbaik bila memberikan perhatian secara relatif rata kepada ketiga hal di atas tadi, yaitu jualan, rekrut, dan kembangkan tim, namun perusahaan seperti ini tidak banyak.

johan, bisnismlm.org

Lebih penting lagi selain marketing plan adalah, bagaimana eksekusi marketing plan tersebut untuk bisa menghasilkan income.

FAKTOR PENENTU LAINNYA UNTUK BERGABUNG DI BISNIS MLM

Banyak sekali faktor penentu lainnya untuk Anda bisa masuk ke sebuah bisnis MLM, dan tentunya marketing plan hanyalah 1 dari semua faktor tersebut.

Detail lainnya untuk tips bisnis MLM, silahkan cek di website bisnismlm.org section https://bisnismlm.org/tips-distributor-mlm/ ya.

Masih ada faktor produk bisnis MLM unik terbaru, tim Anda, support sistem, support dari perusahaan, legalitas, strategi bisnis MLM, bisnis mlm secara online, dll.