Pengalaman bisnis MLM 2018: mengawali hal yang tidak mungkin

Bisnis MLM adalah seperti banyak bisnis pada umumnya, bila yang mengerjakan punya mindset pebisnis maka akan jadi besar, bila hanya sekadar coba- coba iseng berhadiah maka hasilnya pun sama.

Diperlukan inovasi juga dalam menjalankannya, dan ini adalah studi kasus bagaimana di tahun 2018 saya melakukan:

  • Melakukan rekrut online skala banyak dengan paket join MLM puluhan juta secara online dengan orang yang sama sekali baru (cold market)
  • Membangun tim yang sama sekali baru di perusahaan baru yang saya kerjakan (yang lama ada persaingan tidak sehat)
  • membantu banyak orang di tim saya payout banyak & bisa melakukan rekrut & pelipatgandaan tim dia sendiri
  • punya tim jumlah dominan (mungkin 50% lebih, saya tidak bisa memastikannya) di dalam 1 ruangan meeting pertama kali di Jakarta dimana itu semua adalah pertama kalinya kami semuanya bertemu offline tatap muka (tim saya seluruh indonesia & luar negeri)
  • dll

dan melakukan semuanya itu mulai dari nol sama sekali, dalam sebuah test sistem yang saya buat, dan membagikannya kepada orang- orang yang tepat untuk bergabung juga bersama dengan saya.

Bila Anda sedang galau, mengalami masalah di bisnis MLM yang umumnya terjadi seperti :

  • kehabisan daftar nama (mengalami penolakan di sana sini)
  • tim rontok
  • bisnis Anda minus setiap bulan karena wajib tutup point (tidak lagi menjadi aset namun pengeluaran)
  • tidak ada waktu untuk mengerjakan
  • tidak ada arah blueprint sukses yang jelas di bisnis MLM Anda

Jangan putus asa.

Saya pernah berada di situasi seperti Anda, bahkan semisal ikut expo di luar negeri dan hanya melihat orang- orang sukses maju ke panggung sedangkan kita hanya sendiripun saya juga pernah mengalaminya.

Tidak enak, namun bila diingat- ingat, diresapi bagaimana rasa ‘sakitnya’ waktu itu, kita bisa merubahnya untuk menjadi bahan bakar semangat untuk sukses kita sendiri.

Dan itulah yang terjadi.

Semua pencapaian yang tadi saya sebutkan kepada Anda, benar- benar terjadi , dan tidak terjadi dalam semalam.

Dibutuhkan berbagai skill, pengetahuan, dan terutama sikap positif untuk melakukan itu semua.

Postingan ini dibuat untuk menyemangati Anda, bahwa bisnis MLM itu bisa dikerjakan, dan bisa membuat Anda sukses bila Anda tahu ‘caranya’.

Saya berharap postingan ini Anda baca hingga selesai, karena ditulis berdasarkan banyak sekali proses Panjang, perlu waktu yang Panjang untuk mengalami & eksekusi ini semua, belum lagi menuliskannya sendiri!

Melakukan yang tidak mungkin

Anda di masa depan tidak sama dengan Anda di masa lalu, jadi jangan terpaku dengan kondisi Anda.

Bila Anda di masa lalu telah bisa sukses, maka Anda perlu tetap menjaga secara luar dalam, gambar besar maupun detail, supaya bisnis Anda masih tetap relavan.

Bila dulunya Anda sempat gagal di bisnis MLM, jangan kuatir karena bila Anda menemukan formulanya, maka Anda juga bisa sukses di masa depan.

Inilah yang terjadi kepada saya.

Saya termasuk orang yang bisa melakukan rekrut secara offline (sistem tradisional), sponsoring sana sini sih OK saja secara offline. Namun begitu masuk ke ranah online, banyak yang dulunya teman & kenalan saya bilang: itu tidak bisa dilakukan!

Dengan berbagai macam alasan seperti:

  • harus ada personal touch
  • harus ketemu supaya ada bonding, chemistry, dll

Hasil akhirnya Anda sudah tahu, bahwa seperti yang tadi di atas terjadi, itu adalah jawaban dari keraguan dan yang menurut banyak orang tidak mungkin terjadi tadi.

Ternyata? Yang tidak masuk akal pun ternyata bisa dilakukan bila Yang Di Atas berkehendak, kita tidak menyalahi aturan apapun secara legal, moral, etika, & teknisnya.

Lalu bagaimana ini semua terjadi?

Ini terjadi di sekitar tahun 2018…

Bagaimana ini semua terjadi

Komitmen untuk sukses? Apapun yang terjadi, Anda masih akan komitmen? Siap membayar harganya?

Cek cerita berikut ini bagaimana saya mempersiapkan semuanya ini.

Di akhir tahun 2017, saya seharusnya menginap di hotel untuk merayakan pergantian tahun bersama keluarga besar saya.

Yang terjadi adalah badan saya ada di villa tersebut, namun tanggal 30 – 31 desember, hingga tanggal 1 & 2 pun ternyata pikiran saya ada pada persiapan pembuatan sistem yang saya kembangkan tersebut!

Sistem online tersebut adalah untuk bisa menjalankan bisnis MLM seperti yang telah saya pribadi lakukan untuk melakukan rekrut online sana sini sehingga tidak terjadi kekurangan daftar nama.

Berdasarkan pengalaman itu, saya membuat sistem supaya tim saya pun bisa melakukan hal yang sama, setidaknya itu bisa dilakukan bagi orang- orang yang siap & mau belajar.

Di bisnis offline & online biasa, bila kita punya formula sukses tentu kita tidak akan membagikannya kepada siapapun di seluruh dunia (bahkan franchise pun masih ada info yang tidak dibagikan), namun hanya di bisnis networking seperti inilah yang kita bisa membagikan seluruh resep sukses kita kepada tim.

Itulah yang saya lakukan, dengan persiapan di sekitar akhir desember di tengah pergantian tahun, di hotel dengan koneksi internet yang terbatas, akhirnya saya mulai melakukan persiapan membuat website dll nya.

Karena sifatnya masih testing waktu itu, jadi masih belum perlu tim sekompleks saat ini (saat tulisan ini dibuat, yang mana sudah ada tim yang mengurus keperluan sendiri2).

Sistem tersebut dibuat terlepas dari bisnis MLM yang nantinya akan saya kerjakan, dan saat sistem tersebut dibuat bisnis MLM nya saya sudah tahu fix mau ‘merek’nya apa, yang pasti basisnya amerika karena berbagai pengalaman sebelumnya dengan perusahaan asia yang track record sangat jarang yang bagus (sayang sekali…).

Dengan waktu yang mepet, serba terbatas dalam sumber daya, tanpa ada garansi apapun (bisnis memang seperti ini , betul?), akhirnya sistem tersebut dirakit, mulai nol sama sekali.

Tujuannya?

Untuk membantu semua orang di tim saya (yang saat itu masih nol, tidak ada sama sekali, semuanya baru) untuk bisa mengulangi & melakukan rekrut dll seperti yang telah saya lakukan sebelumnya.

NOTES PENTING:

Anda akan bisa sukses di bisnis MLM bila Anda bisa membangun bisnis Anda sendiri terlepas dengan tim lama Anda ataupun tidak, bahkan bila semuanya Anda harus mulai dari nol, Anda tetap akan punya tim yang besar, karena Anda tahu caranya. Inilah yang menjadi tujuan saya untuk saya berikan kepada tim saya.

Bagaimana hasil sistem tersebut?

Di sistem tersebut, fase percobaan ini ternyata mendapatkan sambutan yang luar biasa dari masyarakat Indonesia. Mereka sangat menyukainya!

Tim ini berkembang menjadi sekitar ratusan orang pada mulanya, dan namun pengguna sistem ini pada akhirnya menjadi ribuan orang (sekitar 8rb – 9rb orang pengguna).

Jangan melihat angkanya, karena saya bisa salah karena kejadiannya adalah di tahun 2018 semua yang saya ceritakan ini.

Efek bola salju terjadi, banyak orang yang belum pernah rekrut orang sama sekali sebelumnya, bahkan yang belum pernah rekrut secara online sekarang dengan sistem ini mereka bisa melakukannya, rekrut online, bahkan tim mereka berkembang!

Anda bayangkan, bagaimana bila Anda bisa bantu tim Anda punya tim di luar negeri seperti Malaysia & arab, yang sama sekali Anda belum pernah ketemu?

Itulah yang terjadi.

Dengan segala ketidaksempurnaan sistem tersebut (karena fase testing) banyak hal & tantangan juga yang terjadi.

Intinya adalah saya berhasil membantu banyak tim saya melakukan yang menurut mereka sebelumnya sulit setengah mati, tidak mungkin, mereka tidak pede dll, ternyata pada akhirnya mereka juga bisa melakukannya!

Akhirnya kami semua bertemu di tahun 2018 sekitar pertengahan, di meeting perdana dengan owner MLM baru dari amerika ini di Jakarta, untuk pertama kalinya.

Yang mengejutkan adalah, saya tidak berharap bahwa di tim saya akan menjadi dominan di sana, namun faktanya adalah seperti itu.

Dari foto di bawah ini, 50% lebih (bila saya tidak salah hitung atau setidaknya secara dominan…), tim saya adalah yang terbesar di sini.

Banyak sekali tim yang sebenarnya ingin hadir tapi tidak bisa karena berbagai kondisi.

2x meeting itu terjadi (1x lagi setelah meeting di atas), dan hal yang sama terulang kembali, yaitu tim ini kembali menjadi dominan di acara kedua.

Sebuah hal yang menyenangkan terjadi setelah saya fokuskan semua sumber daya, waktu, dedikasi tenaga pikiran dll ke sini untuk membantu orang lain, dan dimulai dari diri sendiri.

Saat Anda membuktikan diri bahwa Anda bisa, orang lain akan mendekat dan bergabung kepada Anda sambil berkata: “Bagaimana Anda melakukannya? Saya mau juga donk, bagaimana caranya?”

People join people, orang join kepada orang

Sistem online hanyalah penunjang, namun faktanya manusia akan bergabung dengan melihat dengan siapa dia bergabung.

Singkatnya yang ingin saya katakan kepada Anda adalah: leadership/ kepemimpinan.

Online, offline, home meeting, webinar , online event, sistem online, dll semuanya hanyalah alat, namun pada akhirnya adalah Anda berurusan dengan manusia.

Anda akan berurusan dengan manusia dengan berbagai sikap, standard, latar belakang, sifat/ karakter, cara berpikir dll.

Memang tidak mudah, namun sekali kita mengerti bagaimana mengatasi itu semua, itulah waktunya Anda panen raya.

Faktor sukses

Postingan ini saya tutup mungkin dengan 1 hal (bila mungkin ini akan diteruskan ke seri selanjutnya), yang bisa membuat hal tadi terjadi adalah beberapa faktor:

  • saya bisa melakukannya dulu, dan bisa mentransferkan caranya kepada orang lain, melakukan semuanya baik offline maupun online OK semua
  • skill & kesiapan untuk membuat sistem online tadi
  • membagikannya & membantu orang lain untuk bisa juga melakukan seperti yang saya lakukan
  • focus hanya kepada 1 perusahaan MLM dan tidak kepada banyak perusahaan MLM
  • pilih perusahaan MLM yang punya produk bagus, sistem comp plan bagus, berlaku internasional
  • prioritas perusahaan amerika, dengan pertimbangan legalitas kuat, komitmen kuat dll
  • perhatikan background pemilik MLM tersebut, apakah punya background di bisnis ini & bagaimana track recordnya, hal itu akan menjadi hal yang penting untuk mendukung kesuksesan Anda
  • lakukan riset dan menjadi open mind kepada banyak peluang, lakukan studi kasus & perbandingan Anda, jangan terpaku kepada 1 bisnis MLM saat Anda masih belum join di sebuah perusahaan apapun
  • begitu Anda join di sebuah perusahaan maka Anda perlu focus hanya di perusahaan MLM itu (karena ini berbeda dengan bisnis offline maupun konvensional lainnya!)

Cerita di 2018 ini sangat luas, tidak mudah untuk mengingat banyak hal detail dengan segala keasyikannya.

Lebih asyik lagi bila Anda ingin bergabung dengan Johan & menjadi bagian dari kisah sukses ini, dengan membuat kisah sukses Anda sendiri dan mengijinkan saya untuk ‘memaksa Anda menjadi sukses’ secara positif dengan sistem yang saya kembangkan ini.

Bila Anda punya pertanyaan lain seputar ini, silahkan kontak saya, berikan masukan apa yang Anda ingin saya bahas lagi lebih detailnya ya.

See you next time di serial selanjutnya seputar cerita 2018.