plan

Anda pernah mendengar banyak orang di dunia bisnis berkata “Plan your work, work your plan.” disambung dengan “if you fail to plan, you plan to fail.”

Itu semua benar adanya, dan BisnisMLM.org mendukung sepenuhnya teori ini.

Faktanya teori tadi (panjang sekali untuk mengulanginya) adalah kenyataan, di dunia bisnis maupun pribadi. Anda mengerti mengapa itu ditulis di bisnisMLM.org?

Tentunya untuk memperbaiki etos kerja para pebisnis MLM untuk mulai menekuni profesi ini dan mengerjakannya secara profesional, yaitu menjadi leader di bisnis MLM Anda.

Banyak orang yang hanya asal jalan ala Rambo dan mencoba ‘peruntungan’ melakukan bisnis ini.

Hasilnya?

Lebih banyak yang gagal dibanding yang sukses melakukan hal ini.

Lalu ada cara yang lebih baik?

Ya, tentu.

Misalnya untuk merencakan dalam bisnis distributor MLM Anda, Anda perlu misalnya membuat plan seperti berapa kali Anda harus presentasi sehari/ seminggu/ sebulan untuk memenuhi target bulanan Anda pribadi.

Kemudian Anda bisa membuat rencana berapa orang prospek yang difollow up untuk join, dan jangan lupa berapa kali event yang tim Anda perlu buat/ hadiri.

Planning seperti itulah yang akan membuat bisnis Anda bergerak dari nol menjadi boom.

Semua butuh proses, namun bila prosesnya terlalu lama maka semakin banyak orang akan mundur.

Anda tidak ingin tim Anda rontok hanya karena proses yang terlalu lama yang seharusnya tidak perlu terjadi?

Merencanakan bisnis MLM Anda adalah lebih ke ‘proses’ yang harus Anda lakukan.

Proses seperti yang tadi sudah disebutkan, yaitu presentasi prospek baru, follow up, berapa event yang harus dihadiri, dll.

Closing & omset/ penjualan akan datang dengan sendirinya bila semua proses tadi Anda lakukan dengan benar.

Tantangan seperti undangan prospek tidak datang ke event, atau mendadak tidak jadi datang ke presentasi 1 on 1, pasti masih akan terjadi terutama bila Anda jalan full offline.

Jadi Anda tetap perlu menjaga mood bisnis Anda untuk tetap ada di zona semangatnya FULL.

Planning bisnis MLM akan membuat bisnis Anda lebih bisa diprediksi.

Sangat disarankan Anda untuk bisa mengajarkan hal yang sama ke tim Anda nantinya. Memang tidak mudah untuk mengajarkan ke tim sendiri kadang, namun tetap perlu Anda sampaikan sebagai tim leadernya untuk mereka bisa jadi sukses dengan lebih cepat.

 

RENCANAKAN KERJAMU

Berikut ini adalah contoh untuk membuat planning yang bisa Anda simpan di notes/ memopad smartphone/ HP Anda berupa seperti catatan kecil untuk Anda lihat setiap pagi.

Yes, setiap pagi Anda perlu mengisi & mengingatkan Anda sendiri untuk target proses Anda.

  • 1 presentasi 1 on 1 setiap hari
  • 1 event 2 mingguan undang 10 prospek
  • follow up prospek 3 per minggu
  • follow up tim setiap hari

Mengerti yang saya maksud?

Untuk di awal Anda bisa memberikan angka yang mudah untuk Anda biasakan diri Anda terlebih dahulu, yang penting Anda bisa menjaga konsistensinya.

Tim Anda juga akan melihat yang Anda lakukan, dan beritahukan mereka untuk melakukan hal yang sama.

Bila mereka belum terbiasa bekerja dengan planning/ perencanaan, mereka harus mulai membiasakan diri/ belajar melakukannya. Tidak ada yang bisa melakukannya selain mereka sendiri.

Akan ada yang mau & akan ada yang tidak mau, tugas Anda fokus dulu ke yang mau, dan sampai ada hasil Anda bisa tunjukkan & ajak tadi yang tidak mau.

plan-your-work-work-your-plan

 

KERJAKAN RENCANAMU

Memang menulis di smartphone Anda sangat mudah dilakukan, lebih sulit untuk melakukannya.

Konsistensi adalah kunci suksesnya.

Bolong- bolong dalam melakukannya mungkin Anda akan alami di awal, tapi pastikan Anda tidak berlarut- larut di dalamnya.

Anda akan melalui hari dimana sepertinya hari ini tidak terlalu menyenangkan untuk melakukan kerjanya, misalnya presentasi. Saat hal ini terjadi, itulah Anda sedang menjalani “test” nya.

Rencana sangat mudah untuk dilanggar, namun Anda harus memperhatikan 1 hal setelah Anda berhasil paling tidak mencapai 90% rencana Anda.

Perhatikan 1 hal yaitu hasilnya.

plan-track

Bila Anda telah punya pengalaman sebelum Anda melakukan perencanaan silahkan bandingkan hasil akhirnya dengan setelah Anda melakukan perencanaan.

Pasti berbeda.

Lebih konsisten, hasilnya lebih bisa dikira- kira, tidak omset layangan yang setiap bulan Anda bingung berapa kira- kira omset & bonus Anda setiap bulan.

 

ACTION PLAN

action-plan

Berikut ini adalah yang perlu Anda lakukan sekarang setelah selesai membaca artikel bisnisMLM.org kali ini.

  1. buat angka perencanaan harian & mingguan Anda
  2. beritahukan seluruh tim Anda untuk juga melakukannya
  3. lakukan secara bersamaan rencana Anda

Bila perlu Anda bisa konsultasikan kepada tim support/ tim bisnis Anda.

Anda baru saja melakukan yang tidak dilakukan banyak pebisnis MLM secara umum di luar sana untuk lebih cepat sukses, dan menang besar.

Lakukan sekarang juga jangan menunda. Rencanakan kerjamu, kerjakan rencanamu!

Berbagi dengan dunia, sahabat, & teman2! Mereka akan berterima kasih kepada Anda karena membagikan posting yang bermanfaat.

Posted on Apr 22, 2016

About the Author

Johan adalah seorang distributor MLM dan telah berada di industri ini mulai tahun 2009. Secara profesional mengembangkan bisnisnya secara online dan offline, nasional dan internasional. Berawal dari keinginan untuk membangun aset & passive income, pelajaran membangun aset melalui bisnis MLM pun dimulai.Menyadari lebih banyak orang yang gagal daripada yang sukses di bisnis apapun (termasuk bisnis jaringan), maka Johan berinisiatif membuat website ini, yang ditujukan kepada orang- orang yang ingin sukses membangun aset di bisnis jaringan bersama dengan tim Johan untuk mencapai sukses.

Top