Kita mulai melihat perbedaan pebisnis/ distributor MLM yang pro dan yang amatir, kali ini topiknya adalah tentang perbedaan pandangan yaitu untuk 1 segi saja yang dilihat.

Semakin lama kita melihat jenis bisnis MLM semakin banyak, perusahaan datang & pergi, produk ajaib di sana sini bisa kita temui dalam semua industri. Lalu ada perusahaan MLM yang bila Anda lihat boom sebentar lalu tidak bisa sustain lalu kemudian kempes.

Atau yang lebih mudah dilihat adalah distributor MLMnya sendiri yang datang & pergi.

Lalu apa yang membedakan pebisnis MLM yang pro dibandingkan yang amatir?

Bila Anda sedang mempertimbangkan penawaran bisnis MLM dan berpikir bahwa ini adalah jalan yang patut Anda coba, sebaiknya Anda melihat hal ini lebih dalam.

Jangan melihat hanya dari 1 segi saja, tapi dari keseluruhan aspek bisnis MLM ideal.

 

Contoh kesalahan 1 ini adalah sebagai berikut.

Anda melihat sebuah bisnis MLM yang marketing plannya bagus, produknya biasa saja & banyak pesaing sejenis karena secara produk tidak unik, kemudian secara backstory produknya tidak kuat, support perusahaan tidak ada/ tidak jelas, dll.

Bila Anda melihat hanya kepada uang & marketing plan, lalu berpikir bahwa dengan menjalankan ini Anda akan hasilkan uang banyak, lalu Anda menawarkan kepada orang lain dengan cerita yang sama yaitu uang banyak dll, maka hal ini akan sulit sekali untuk membuat Anda berkembang.

Kenyataannya adalah faktor orang bergabung di bisnis MLM adalah banyak sekali, mulai dari:

  1. apakah produknya bermanfaat untuk dia & untuk orang lain secara nyata dalam hidup mereka
  2. apakah harganya dibandingkan dengan manfaatnya masih lebih besar manfaatnya secara nilai (ini yang disebut murah)
  3. apakah secara marketing plan masuk akal & perusahaannya tidak tutup lalu rugi
  4. dll

Banyak sekali hal & pertimbangan pebisnis MLM pro pikirkan & lihat sebelum bergabung dalam sebuah bisnis MLM.

Apa yang bisa Anda lakukan?

Gali sebanyak mungkin informasinya dan jangan sungkan untuk menanyakan kepada berbagai pihak yang mempunyai informasi lebih detail tentang perusahaan yang sedang Anda pikirkan untuk bergabung ke sana.

Kecap akan selalu nomor 1, namun bila Anda minimal mendapatkan informasi yang dibutuhkan, setidaknya walaupun belum objektif namun it’s still ok.

Dari sana Anda bisa membuat keputusan untuk mempelajari lebih lanjut lagi.

 

APA HARUS SEMUANYA SEMPURNA?

Anda harus melihat semua seginya, setidaknya Anda mendapatkan minimal 2 – 3 hal yang menonjol, minimal marketing plan, produk/ khasiatnya, & support perusahaan.

Idealnya semua Anda melihat mempunyai nilai plus yang bisa ‘dijual’ kepada market Anda, karena pertimbangan orang join bukan semata- mata karena uang.

Tidak ada perusahaan MLM yang sempurna namun Anda perlu ketahui bahwa ada standard yang ideal untuk bergabung dalam bisnis MLM yang bagus, dan jangan sampai hanya 1 hal yang menonjol maka Anda langsung bergabung ke sana.

Berbagi dengan dunia, sahabat, & teman2! Mereka akan berterima kasih kepada Anda karena membagikan posting yang bermanfaat.

Posted on Apr 15, 2017

About the Author

Johan adalah seorang distributor MLM dan telah berada di industri ini mulai tahun 2009. Secara profesional mengembangkan bisnisnya secara online dan offline, nasional dan internasional.
Berawal dari keinginan untuk membangun aset & passive income, pelajaran membangun aset melalui bisnis MLM pun dimulai.

Menyadari lebih banyak orang yang gagal daripada yang sukses di bisnis apapun (termasuk bisnis jaringan), maka Johan berinisiatif membuat website ini, yang ditujukan kepada orang- orang yang ingin sukses membangun aset di bisnis jaringan bersama dengan tim Johan untuk mencapai sukses.

Top