seperti apa orang sukses di bisnis mlm

Dalam posting ini akan kita simak bagaimana pembicaraan saya dengan salah satu upline aktif saya yang terbukti telah sukses & punya nama dalam dunia ‘persilatan’ MLM ini mengungkapkan apa yang telah dia lakukan selama ini sehingga menjadi orang yang sukses di bisnis MLM.

Banyak orang yang hanya melihat dari segi sisi sikap positif saja, atau ada juga yang hanya melihat dari segi teknis saja misal bagaimana komunikasi & teknik menjual yang bagus, dan lain sebagainya.

Sebagai tim yang bekerja & komunikasi secara intens saya telah melihat secara langsung bagaimana orang- orang yang sukses itu berpikir & bertindak, dan posting ini adalah cermin yang kurang lebih akan kita bahas detailnya di sini.

#1. ENJOY BERTEMU DENGAN ORANG

Bertemu dengan orang adalah hal yang pasti di bisnis MLM dan walaupun jaman sekarang banyak dari kita menggunakan online, tapi ini adalah “belly to belly business” yang artinya bertemu adalah suatu kepastian dan keharusan apapun alasannya. Hubungan antar manusia penting untuk bisnis Anda.

Tidak peduli seberapa online Anda, tapi ini tidak bisa dihindari. Bila tidak ingin bertemu degnan orang jangan bisnis MLM karena hanya akan buang waktu Anda.

Sebuah pekerjaan seperti Admin kantor pun masih akan bertemu dengan orang. Bisnis online tersukses pun juga bertemu dengan orang, ini sudah menjadi kodrat dari manusia & bisnis, yaitu manusia sosial.

Perbedaannya leader sukses dan orang yang belum sukses di bisnis network marketing adalah, cara komunikasi dengan orang tersebut yang bisa dilakukan dengan baik. Mereka tahu people skill, ini bukan tentang kita tapi tentang orang yang kita ajak bicara.

Para leader bisa berkomunikasi secara tulus.

Pertanyaannya, bila Anda ingin sukses di bisnis MLM tentu Anda harus jadi leadernya dan sebelum benar- benar menjadi leader Anda harus terlebih dahulu tertarik dan antusias berkomunikasi dengan prospek Anda.

Mereka tidak pernah ‘pushy’ , ala hit and run dengan prospek, yang mereka lakukan adalah berkomunikasi dan mengajak diskusi. Para leader sadar tidak semua prospek punya kualitas yang sama, dan untuk itu mereka tahu memilah prospek.

Intinya adalah mereka:

  • suka/ enjoy bertemu dengan orang
  • tahu cara berkomunikasi dengan orang (prospek maupun tim)

Jam terbang adalah penentunya, bila Anda belum pernah bertemu dengan orang dan ingin masuk ke bisnis jaringan maka ini yang perlu Anda tahu: KUANTITAS MENENTUKAN KUALITAS.

Para leader bukan orang yang bagus dan bertalenta sedari awalnya, tapi mereka berjalan dengan yang mereka punya, belajar, dan memperbaiki kesalahan mereka.

#2 SIKAP MENENTUKAN SEGALANYA

Anda pernah melihat seorang montir yang sudah advance dalam perbaikan mobil, yang bisa melakukan perbaikan dalam 30 menit saja yang mana bila dilakukan orang lain butuh waktu 1 hari?

Saya melihat 2 respon berbeda dari customer berbeda, yang satu berkata, “Wah cepat banget nih … apa ngga diapa- apain nih mobilnya?”

Customer yang satu lagi karena sudah mengalami yang 1 hari menunggu di bengkel karena masalah yang sama begitu terpesona melihat 30 menit paling singkat dalam hidupnya berkata, “Wow … ini orang keren banget, 30 menit masalah hilang selama- lamanya!”

Namun begitu montir mobil tadi mengalami masalah baru yang belum pernah dialami sebelumnya, maka tentu dia akan kembali belajar dari nol.

Beberapa montir yang saya tahu pribadi ada yang merespon dengan menghindar dan terkesan menutup telinga dan hati untuk belajar hal baru dalam sebuah teknologi baru. Tentu saja perubahan yang seperti ini akan membuat si montir tadi menjadi ada di persimpangan, antara ketinggalan dengan teknologi baru atau tetap menjadi yang terdepan dalam dunia mobil.

Hal yang sama terjadi pada pebisnis MLM yang sukses yang pada kenyataannya adalah seperti ini.

Mereka akan melihat bagaimana pasar berubah, kebutuhan dan teknologi sekarang menjadi lebih berkembang dan mempercepat komunikasi setiap orang.

Bagaimana Anda pribadi melihat hal ini untuk bisnis MLM Anda?

Apakah Anda akan menutup mata dan tetap mengerjakan bisnis MLM dengan cara Anda tanpa melibatkan teknologi atau Anda merangkul perubahan tersebut untuk percepatan bisnis Anda?

Saya melihat beberapa yang sudah sukses masih melakukan hal seperti montir tadi dan tetap mempelajari hal baru, apa yang dia tidak tahu, dan diaplikasikan di bisnis MLM mereka.

Artinya?

Artinya mereka punya sikap untuk mengakui dan mempelajari hal yang mereka tidak tahu, dan bila tidak tahu mereka belajar mencari tahu secara mandiri.

WOW! Ini sikap yang mahal dan jarang ditemui pada banyak orang.

Sering kali yang terjadi adalah banyaknya orang yang berpikir bahwa uplinenya lah yang harus melakukan itu untuk mereka, dan mereka terlalu jauh untuk meraih ke sana. Fakta yang saya lihat untuk orang- orang yang benar- benar sukses di bisnis MLM?

Mereka berpikir merekalah yang bertanggung jawab untuk itu semua. Bila si upline memberikan info untuk mereka maka tentu pekerjaan mereka akan lebih ringan, tapi bila toh tidak ada yang memberi tahu dari pihak upline, mereka akan mencarinya secara mandiri tanpa menyalahkan upline atau siapapun.

#3. DETAIL

Saya pernah ditanya di satu sesi training khusus di Surabaya yang isinya hanya beberapa glintir orang, “Berapa dari Anda yang sejak hari pertama join langsung membuka material sendiri dan mencari di internet semua yang Anda ketahui seputar bisnis dan produk di bisnis ini?”

Hasilnya hanya sedikit sekali orang yang mengangkat tangan, dan beliau melanjutkan sharingnya, “Sejak hari pertama saya join di bisnis ini, saya menghabiskan beberapa hari pertama untuk browsing di internet, wikipedia, dll untuk mengetahui semua seputar produk dan bisnis ini, hingga saat ada orang bertanya saya bisa menjawab dan ada confidence yang muncul dari dalam.”

Itu adalah salah satu yang membuat mereka sukses, yaitu sampai sedetail itu dalam mengerjakan bisnisnya.

Selain itu mereka juga mengerti tentang psikologi manusia, tidak hanya main emosi/ perasaan untuk berbisnis yang mana emosi, perasaan dan semangat selalu naik turun, tapi psikologi manusia akan lebih stabil dalam mengerjakan bisnis ini.

Mereka mengerti tentang membangun momentum, dll.

Bagaimana mereka melakukan ini semua?

Kembali kepada tadi, kuantitas akan menentukan kualitas, kemudian mereka masuk ke fase mempelajari yang mereka tidak ketahui, dan mereka stay open mind.

 

3 hal ini cukup untuk membuat Anda mengerti bagaimana orang yang benar- benar terbukti sukses di bisnis MLM bisa sesukses ini.

Setelah bertemu dengan orang yang punya income $4 per detik (yes, per detik!) dan berbincang dengan dia, beliau memiliki karakter yang sama juga seperti yang tadi 3 prinsip yang saya tulis di atas.

Manfaatkan info ini untuk meningkatkan diri Anda dan bisnis Anda!

Berbagi dengan dunia, sahabat, & teman2! Mereka akan berterima kasih kepada Anda karena membagikan posting yang bermanfaat.

About the Author

Johan adalah seorang distributor MLM dan telah berada di industri ini mulai tahun 2009. Secara profesional mengembangkan bisnisnya secara online dan offline, nasional dan internasional. Berawal dari keinginan untuk membangun aset & passive income, pelajaran membangun aset melalui bisnis MLM pun dimulai.Menyadari lebih banyak orang yang gagal daripada yang sukses di bisnis apapun (termasuk bisnis jaringan), maka Johan berinisiatif membuat website ini, yang ditujukan kepada orang- orang yang ingin sukses membangun aset di bisnis jaringan bersama dengan tim Johan untuk mencapai sukses.

Top