Dalam bisnis MLM semua adalah tentang orang, membangun tim, dan hal ini yang akan membuat Anda kaya & membuat Anda kalah (bila Anda tanggapi dengan cara yang salah). Bagaimana membuat & menghadapi persaingan dengan orang lain untuk membuatnya menjadi leverage/ pengungkit serta alat bantu untuk kesuksesan Anda, serta tim Anda?

Bila Anda tidak tahu bagaimana menghadapi persaingan di bisnis MLM, Anda akan gagal, kalah, dan yang semula semua berjalan sesuai dengan yang Anda inginkan mendadak menjadi terbalik Anda tidak berada dalam posisi bisnis MLM yang menguntungkan.

#1 LUPAKAN PERSAINGAN

Anda perlu melupakan persaingan tersebut supaya Anda bisa berfokus kepada daya juang Anda fokuskan energi & pikiran Anda kepada yang paling menghasilkan untuk Anda lakukan.

Membandingkan diri Anda dengan crossline yang terlihat sangat cepat dapatkan peringkat lebih tinggi, atau mengurus orang lain yang terlihat sok- sok an dan tidak membuat hati Anda gembira, benar- benar bukan hal produktif MLM yang Anda ingin investasikan waktu Anda.

Lebih baik Anda mengurus tim Anda, rekrut orang baru, dan fokus kembangkan bisnis Anda, cari strategi baru, dst.

Anda baru melihat seorang crossline naik peringkat duluan dibanding Anda?

Santai saja, jangan terlalu ambil pusing dipanas- panasi untuk kemudian Anda ambil keputusan bisnis yang konyol. Respon yang perlu Anda lakukan adalah tentunya konsultasi dengan mentor/ upline Anda, dan membuat Anda untuk semakin fokus dalam melakukan apapun yang membuat bisnis Anda berkembang secara omset & peringkat Anda pribadi.

 

#2 Bandingkan bukan untuk menyerang Anda

Perbandingan bisa jadi bagus maupun buruk untuk performa siapapun, termasuk Anda dan tim Anda.

Dalam bisnis network marketing/ pemasaran jaringan Anda berurusan dengan sangat banyak orang, baik yang baik dan buruk dari kacamata Anda sendiri. Termasuk dalam ranah persaingan bisnis.

Anda bisa membandingkan diri sendiri dengan orang yang telah mencapai peringkat tertinggi dalam perusahaan tersebut yang telah menghabiskan 10 tahun lebih sedangkan Anda baru 1 tahun saja belum di sana, lalu Anda bandingkan jumlah tim, income, recongnition, dst, dan Anda berpikir bahwa diri Anda tidak cukup hebat bahwa ini semua sulit sekali, dst.

Nah seperti ini akan menghancurkan karir MLM Anda.

Anda perlu melihat perbandingan tersebut dengan “Bila orang seperti ini dengan latar belakang yang tidak sebaik saya bisa maka seharusnya saya lebih bisa! Ini hanya masalah waktu, yang penting saya jalan terus & lakukan bagian saya.”

Itu lain cerita bila Anda membandingkan secara positif seperti yang baru saja saya berikan contoh untuk Anda.

 

#3 Tancap Gas Sukseskan Bisnis Anda

Inilah waktunya setelah Anda melihat persaingan bergerak sedemikian cepat, Anda perlu menyadari bahwa Anda perlu bergerak dengan lebih cepat, efektif, tepat, dan lebih baik.

Anda sudah tahu bahwa tidak perlu fokuskan energi Anda kepada persaingan Anda, maupun jangan pula membandingkan diri Anda secara negatif dengan orang lain.

Anda perlu cukup menyadari bahwa orang lain di luaran terus berjalan & bersaing ketat, Anda hanya perlu tahu apa yang harus Anda lakukan di bisnis MLM Anda yang terbukti menghasilkan untuk kemudian Anda jalankan dengan tekun tanpa perlu memusingkan persaingan Anda sepanjang hari.

Anda perlu sesekali melihat bagaimana perkembangan si pesaing Anda hanya untuk sekadar benchmarking atau mengukur apakah Anda masih ada yang perlu diperbaiki di area bisnis sebelah mana. Tidak lebih dari itu.

Fokuslah kepada prosesnya dan hasil akhirnya Anda akan memanen hasilnya.

Berbagi dengan dunia, sahabat, & teman2! Mereka akan berterima kasih kepada Anda karena membagikan posting yang bermanfaat.

Posted on Sep 21, 2017

About the Author

Johan adalah seorang distributor MLM dan telah berada di industri ini mulai tahun 2009. Secara profesional mengembangkan bisnisnya secara online dan offline, nasional dan internasional. Berawal dari keinginan untuk membangun aset & passive income, pelajaran membangun aset melalui bisnis MLM pun dimulai.Menyadari lebih banyak orang yang gagal daripada yang sukses di bisnis apapun (termasuk bisnis jaringan), maka Johan berinisiatif membuat website ini, yang ditujukan kepada orang- orang yang ingin sukses membangun aset di bisnis jaringan bersama dengan tim Johan untuk mencapai sukses.

Quote of the Day

“He has achieved success who has lived well, laughed often, and loved much; who has gained the respect of intelligent men and the love of little children; who has filled his niche and accomplished his task, who has left the world better than he found it, whether by an improved poppy, a perfect poem, or a rescued soul; who has never lacked appreciation of earth’s beauties, nor failed to express it; who has always looked for the best in others and given the best he had; whose life is an inspiration; whose memory a benediction.”
— Coolness - Robert Louis Stevenson

Top