Bagaimana berkembang tanpa sponsor di dekat Anda di bisnis MLM manapun?

mlm berkembang tanpa sponsor

Ini adalah tantangan sekaligus bisa Anda lihat sebagai hambatan Anda untuk berkembang.

Banyak orang baru di bisnis MLM bergantung banyak sekali kepada sponsornya, sedangkan sebenarnya ini adalah bisnis mereka sendiri. Untuk awal sering kali juga banyak orang yang belajar dari sponsornya terlebih dahulu sebelum bisa menjadi mandiri, dan hal ini banyak ditemui di pebisnis networker.

Ada beberapa kasus yang awalnya setelah belajar dari sponsornya, ternyata diterapkan di lingkungan lokal dia sendiri sukses luar biasa.

Tapi kasusnya bila Anda baru, belum pernah join di MLM apapun sebelumnya dan mengalami hal seperti ini. Atau bila Anda punya tim yang seperti ini, apa yang akan dilakukan?

Sepertinya ini banyak terjadi terutama bila bisnis berkembang bagus.

Di artikel ini akan dibahas cara praktis bagi para pebisnis MLM yang mengalami hal yang seperti ini, dan tentunya bagaimana supaya bisa berkembang walaupun jauh dari sponsornya.

 

KEMUDINYA ADA DI ANDA, ANDA PEMILIK BISNISNYA

keep-calm-you-are-in-control-6

Saya pernah berbicara dengan tim leader saya dan beberapa diamond leader saya di bisnis saya, dan saya melihat kesamaan dari mereka semua walaupun karakternya sangat berbeda satu sama lain.

Kesamaannya adalah mereka sama- sama mau repot dan belajar dan praktek tanpa takut gagal di bisnis ini.

Anda setuju bila Anda adalah owner di bisnis MLM Anda sendiri tanpa ada bos? Bila ya, maka mindset Anda sudah benar, tinggal masalahnya secara skill & sikap apakah sudah mencerminkan seorang pemilik bisnis atau belum.

Masalahnya banyak orang yang masuk ke bisnis MLM berharap sukses dalam semalam, dan hal ini tentu tidak terjadi seperti itu. Saat Anda adalah owner bisnis maka kemudinya ada di Anda, bila Anda belum punya kemampuannya maka Anda harus praktek karena jam terbang akan menentukan kualitas Anda.

Seperti belajar naik sepeda kayuh alias gowes, Anda harus naik sepedanya dan mengambil resiko jatuh baru beberapa saat kemudian Anda akan lancar. Misalnya di bisnis MLM Anda ragu- ragu untuk memulai, maka Anda akan sulit sekali untuk sukses di bisnis MLM.

Jauh dari upline memang kesulitan dan tantangan tersendiri untuk banyak orang, tapi apa yang akan Anda lakukan bila :

  1. karena Anda orang pertama di daerah Anda yang marketnya hijau, tidakkah Anda berpikir kesempatan ini akan lewat bila tidak Anda ambil untuk ‘garap’ pasarnya sebelum orang lain terlepas sponsor Anda jauh atau dekat?
  2. bila Anda sukses maka keuangan Anda akan bertambah bagus sesuai dengan rencana dan impian Anda, betul?

Minimal 2 hal di atas harusnya menjadi pertimbangan Anda saat pertama kali mengambil keputusan dengan upline/ sponsor yang jauh tersebut.

Sponsor Anda memang adalah orang yang mengajak Anda di bisnis ini, tapi bila Anda ingin sukses sebaiknya mindset para diamond seperti yang saya utarakan di atas harus ditiru, yaitu mereka menganggap ini bisnis mereka sendiri dan para sponsor bila membantu ya bagus bila tidak ya sudah, dan mereka berterima kasih karena telah memperkenalkan ke bisnis ini.

blamegame

Ada banyak cerita pebisnis MLM yang gagal dengan sponsor mereka, dan ada juga yang sukses bersama- sama dengan para sponsor mereka. Kita perlu cukup dewasa untuk melihat fenomena yang seperti ini karena bisnis MLM ini adalah pilihan, demikian juga dengan kita menanggapi bagaimana untuk sukses tanpa sponsor yang dekat dengan kita.

 

BILA SPONSOR ANDA AKTIF TAPI JAUH

Bila sponsor Anda adalah orang yang masih aktif hanya saja lokasinya jauh, pasti saat Anda serius dan memberikan omset, maka dengan sendirinya dia akan meluangkan waktu karena sponsor yang aktif akan senang dengan tim nya yang aktif, apalagi bila termasuk orang yang tidak mudah menyerah. Dengan atau tanpa sponsor maka Anda tetap jalan.

Jalan terus, keep contact dengan sponsor Anda setiap hari intens dan tanyakan semua hal yang menjadi penghambat apa. Melakukan hal ini akan membuat sponsor Anda tahu bagaimana perkembangan tim Anda, dan komunikasi yang lancar akan membuat bisnis Anda menjadi lebih mudah dan produktif.

 

BILA SPONSOR ANDA TIDAK AKTIF DAN JAUH

Sudah tidak aktif, jauh lagi. Ya seperti ada sponsor dan tidak ada sama saja kan. Hahaha..

Ya bila kasusnya seperti ini ya langkah yang perlu Anda ambil adalah:

  1. cari sponsor aktif atasnya dia lagi (kontak kantor perusahaan Anda untuk membantu)
  2. dan Anda tetap aktif dan jalan

Tidak ada cara lain untuk membuat sponsor Anda aktif karena itu adalah pilihan dia, dan Anda juga tidak berhak untuk ‘memaksa’ dia aktif kembali. Ya sudah, jalan masing- masing sambil tetap keep contact sebagai teman di luar bisnis MLM Anda.

 

JANGAN BERGANTUNG ORANG LAIN DI BISNIS MLM

Kondisi yang sendiri dan jauh dari sponsor membuat Anda tidak boleh bergantung kepada orang lain dan tetap menjadi yang bertanggung jawab 100% untuk  kesuksesan Anda sendiri.

Bila Anda belum mengerti bagaimana memulainya, silahkan kembali ke sistem di perusahaan Anda tentang “how to start” nya untuk Anda pelajari.

Silahkan mencari mentor aktif di jalur Anda juga, minta tolong kepada perusahaan Anda, seharusnya perusahaan yang bonafid bisa dan mudah dikontak dan concern kepada distributornya.

Silahkan cek postingan lain di blog ini untuk membantu Anda sukses dan mencapai financial freedom melalui bisnis MLM.

Berbagi dengan dunia, sahabat, & teman2! Mereka akan berterima kasih kepada Anda karena membagikan posting yang bermanfaat.

Posted on Mar 28, 2015

About the Author

Johan adalah seorang distributor MLM dan telah berada di industri ini mulai tahun 2009. Secara profesional mengembangkan bisnisnya secara online dan offline, nasional dan internasional.
Berawal dari keinginan untuk membangun aset & passive income, pelajaran membangun aset melalui bisnis MLM pun dimulai.

Menyadari lebih banyak orang yang gagal daripada yang sukses di bisnis apapun (termasuk bisnis jaringan), maka Johan berinisiatif membuat website ini, yang ditujukan kepada orang- orang yang ingin sukses membangun aset di bisnis jaringan bersama dengan tim Johan untuk mencapai sukses.

Top