Pada dasarnya tidak ada yang menentukan pebisnis MLM apa yang dia akan lakukan hari ini kecuali dia sendiri sebagai business ownernya, tanpa atasan dan kebebasan ada di dia. Berbicara tentang rutinitas pebisnis MLM pada dasarnya hanya 2:

  1. membuat jaringan baru & melayani pelanggan
  2. membina jaringan & menduplikasikannya

Sangat simple pekerjaannya, sebagai network builder atau pembangun jaringan tugas kita hanya 2 hal di atas, tidak kurang dan tidak lebih. Perusahaan akan membayar Anda untuk melakukan hal itu. Mungkin Anda bertanya, “Kapan jual produknya?”

Sejauh ini dengan menjalankan ‘membuat jaringan baru’ ternyata akan ada yang tertarik produk saja, yaitu menjadi pemakai, dan hal ini tidak bisa dipaksakan karena keputusan ada di tangan dia. Sekali dayung 2 3 pulau terlampaui. Sekali jalan, bisa ada yang hanya ingin produknya, ada yang ingin bisnisnya saja, ada yang ingin keduanya.

Cara menjalankannya secara profesional pun ada di saya. Tertarik bergabung di tim saya untu mengetahui bagaimana menjalankan bisnis MLM yang benar & profesional? Silahkan hubungi saya untuk berdiskusi lebih lanjut seputar hal ini.

Sekarang semuanya  bisa dilakukan online (memanfaatkan teknologi) dan offline (bertemu langsung), high tech & high touch nya masih tetap harus berjalan bersamaan. Bisnis MLM adalah bisnis mengelola organisasi manusia, jadi high touch adalah keharusan. Jadwal pun Anda sendiri yang akan menentukan berapa hari dalam seminggu Anda akan mengerjakan bisnis ini, dan berapa jam per hari itu untuk bisnis ini.

Dengan demikian bisnis Anda akan jalan secara konsisten. Tanpa konsistensi, bisnis apapun tidak akan jadi, termasuk bisnis ini juga. Bila Anda baca artikel ini, Anda akan tahu bahwa sebenarnya sukses di bisnis MLM itu sejalan dengan apa yang pernah Anda dengar yaitu, “Bisa Karena Biasa”.

 

MEMBUAT JARINGAN BARU & MELAYANI PELANGGAN

Rutinitas membuat jaringan baru adalah merekrut, melakukan presentasi, follow up, dan akhirnya closing/ menggabungkan orang. Selain itu adalah untuk mempunyai pelanggan produk retail karena sebagian orang akan hanya tertarik di produknya saja, sehingga tipe orang seperti ini adalah sebagai konsumen yang akan membeli dengan harga retail (ada selisih profit untuk keuntungan distributor tersebut)

new members

Sering kali hambatan yang terjadi di lapangan adalah orang mempunyai mindset yang salah saat ingin merekrut orang, yaitu dengan menawarkan sesuatu (yang adalah bisnis) yang seolah- oleh orang itu memanfaatkan prospeknya. Menurut saya sebenarnya justru bila prospek Anda bergabung itu karena dia bertemu dengan Anda yang mana Anda lah yang memberikan kesempatan kepadanya untuk juga bisa sukses di bisnis MLM>

Keyakinan yang salah tentu akan membenani Anda dan tidak memberikan manfaat apapun kepada Anda, yang ada hanyal

ah membuat bisnis Anda tidak berkembang.

Melakukan presentasi Anda harus mulai menguasai teknik presentasi baik offline maupun bila Anda hanya bertugas bukan untuk menjadi presenter tapi hanya kebagian untuk mengundang saja di awal.

 

MEMBINA JARINGAN & MENDUPLIKASIKAN

duplicationJaringan yang sudah ada tentunya akan mendapatkan problem di berbagai sisi, di sini kita bertugas untuk membantu follow up kepada tim kita, misalnya dia punya pertanyaan seputar rekomendasi bisnis dia harus diarahkan kemana, ya sedapat mungkin konsultasi ini harus segera diselesaikan sehingga tidak menyisakan pertanyaan untuk dia.

Orang adalah inti dari sebuah bisnis, tapi manusianya adalah problem yang sering kali paling ruwet untuk bidang operasional. Hal yang sama ada di semua bisnis, khususnya bisnis MLM. Tidak ada toko, kantor untuk distributor secara umum, bisnis bisa dikerjakan dimana saja, dan ‘jaringan manusia’ ini tidak bisa dilihat secara langsung fisik, dan hanya bisa dilihat di system online bisnis dari setiap distributor itu saja.

Dalam mengembangkan tim, diperlukan kita untuk bisa menjadi leader, dan untuk menjadi leader Anda harus melakukannya terlebih dahulu baru tim Anda melakukannya. Jadi pengembangan diri akan menjadi benefit tersendiri dalam menjalankan bisnis MLM, terutama yang berhubungan dengan komunikasi dan bekerja dengan manusia dengan berbagai karakter.

Kegiatan ‘maintenance’ ini adalah berkesinambungan, dan khususnya bila masih baru memulai. Nikmati proses ini akan membuat bisnis Anda berkembang. Proses yang dimaksud adalah untuk membantu orang lain, membantu & melihat mereka berkembang. Anda harus berharap bisnis group Anda juga bagus, yang berarti bisnis Anda juga bagus.

 

MEMUTUSKAN UNTUK MENJADI DISTRIBUTOR MLM?

Dengan operasional keseharian yang adalah 2 di atas, tertarik menjadi pebisnis MLM? Bila Anda membuka mata & hati, mau belajar lebih lanjut untuk melihat potensi yang sebenarnya dari orang- orang yang telah sukses di bisnis MLM maka Anda akan mendapatkannya. Bila Anda mencari orang yang gagal, maka juga akan Anda temukan tapi alangkah baik & bijaksananya bila Anda juga melihat banyak orang yang gagal juga di semua bidang.

Mudah untuk menjadi gagal dan tidak mudah untuk menjadi sukses, tapi bila Anda tidak sukses maka kehidupan akan menjadi lebih sulit. Pastikan Anda mendaftarkan email Anda di mailing list saya untuk mendapatkan informasi lebih jauh mengenai bisnis MLM yang saya rekomendasikan dan bagiamana Anda juga bisa berpartner dengan saya untuk sukses di bisnis MLM.

Bergabung di mailing list ada di kanan atas halaman ini.

Berbagi dengan dunia, sahabat, & teman2! Mereka akan berterima kasih kepada Anda karena membagikan posting yang bermanfaat.

About the Author

Johan adalah seorang distributor MLM dan telah berada di industri ini mulai tahun 2009. Secara profesional mengembangkan bisnisnya secara online dan offline, nasional dan internasional.
Berawal dari keinginan untuk membangun aset & passive income, pelajaran membangun aset melalui bisnis MLM pun dimulai.

Menyadari lebih banyak orang yang gagal daripada yang sukses di bisnis apapun (termasuk bisnis jaringan), maka Johan berinisiatif membuat website ini, yang ditujukan kepada orang- orang yang ingin sukses membangun aset di bisnis jaringan bersama dengan tim Johan untuk mencapai sukses.

Top