se_products_icon

Banyak orang sukses dan gagal di semua bisnis, termasuk bisnis MLM. Ingin supaya tingkat sukses lebih tinggi? Perhatikan industri & produk yang ada juga dalam bisnis jaringan Anda.

Distributor tidak bisa sembarangan saja memasukkan perusahaan MLM yang tidak jelas tanpa kualitas produk yang OK, dan tanpa memperhatikan hal inti ini dan jadi sukses di bisnis MLM. Telah banyak yang telah mencobanya untuk tidak terlalu melihat produk & industrinya, tapi mereka gagal.

Mengapa?

Karena industri & produk adalah hal yang krusial untuk Anda pastikan ada di jalur yang benar.

 

MENILAI BISNIS SECARA KESELURUHAN

Multi-location-businesses

Bisnis MLM tetaplah sebuah bisnis, MLM hanyalah cara memasarkan produk tersebut. Bila dipikirkan sekali lagi, perusahaan MLM tentu adalah perusahaan yang canggih karena menjalankan bukan hanya produk yang harus bagus & unik, tapi cara berbisnis yang juga unik, khususnya dalam perhitungan bonus & bisnisnya.

Banyak distributor & pelaku MLM yang gagal hanya karena gagal menangkap maksud dari bisnis tersebut yaitu adalah “ini adalah bisnis, bukan sebuah mainan!”. Untuk sukses dalam bisnis, Anda perlakukan bisnis itu selayaknya sebagai bisnis, maka Anda akan sukses.

Produk & industri adalah no 1 dalam menilai apakah bisnis tersebut layak dijalankan atau tidak, karena misalnya Anda sangat jago dalam berbisnis tapi bila Anda diminta untuk memulai sebuah bisnis di bidang “wartel”/ warung telepon, maka saya yakin Andapun harusnya berpikir 1000x sebelum menyanggupi bisnis tersebut.

trend_is_your_friend

Industrinya sudah lewat, permintaan pasar & tuntutan jaman sudah berbeda dan ini tidak bisa dipaksakan lagi. Anda harus menyesuaikan dengan apa yang ada di pasaran.

Demikian juga, di bisnis MLM perusahaan yang Anda pilih juga harus berada di bisnis yang cukup luas, trend, jangka panjangnya harus bagus juga. Anda bila ingin berbisnis MLM sebagai seorang yang profesional tentunya Anda ingin kerja keras Anda dinikmati bukan hanya Anda, tapi sampai anak cucu Anda, bukan!?

 

INDUSTRI & PRODUK YANG TEPAT

Step-1

Bagaimana menilai & mendapatkan informasi industri & produk yang tepat? Hal ini cukup simple untuk dilakukan, yaitu dengan mengamati yang ada di sekitar Anda. Contohnya bila Anda ke mall terdekat.

Di Mall di kota Anda sering kali ada pameran, coba lihat apa yang ada di sana itu sering kali akan menjadi trend dalam waktu tidak lama lagi, akan booming dll. Semakin banyak Anda lihat tanda- tanda akan sebuah industri booming dimana- mana itu menandakan trend nya sangat kuat.

Contohnya bila Anda lihat anti-aging ada dimana- mana, skin care/ pusat perawatan kecantikan, maka itu termasuk dalam trend yang sekarang sedang ada. Anda tinggal cari bisnis MLM mana yang menurut Anda sesuai dan joinlah bersama dengan mereka.

Misalnya lagi fitness/ weight management system, telah menjadi trend di berbagai belahan dunia, Anda bisa mengambil moment ini untuk mengembangkan di Indonesia.

Kesehatan selalu menjadi topik yang hangat untuk dibicarakan, dan tidak perlu melihat 2x bila Anda ada di dunia kesehatan, karena akan selalu menjadi kebutuhan orang banyak untuk menjadi sehat.

Masih banyak lagi industri yang sedang booming & naik daun. Yang jelas Anda harus jeli melihat perkembangan di luar sana.

Bila Anda termasuk orang yang sulit untuk melihat perkembangan yang ada, fakta di luar sana memperlihatkan growth market luar biasa di Indonesia, Anda salah bila Anda melihat kekurangan di masyarakat Indonesia yang daya belinya bagi sebagian orang ‘kuno’ punya daya beli yang kurang.

Market Indonesia telah menjelma menjadi salah satu market yang punya daya beli di Asia, dan hal ini diakui dunia. Jadi berbahagialah Anda bila Anda punya market Indonesia!

 

BAGAIMANA BILA INDUSTRINYA/ PRODUKNYA SALAH?

wrong vs right

Menurut saya produk/ industri tersebut haruslah punya produk fisik, dan bukan digital karena dengan produk fisik kita bisa mendapatkan dampak langsung dari menggunakan produk tersebut, contoh termudah adalah suplemen yang akan membuat diri Anda sehat apabila Anda mengkonsumsinya. Tugas Anda adalah membuat sekelompok orang untuk menjadi pemakai rutin produk tersebut setiap bulannya.

Lain halnya bila Anda menggunakan produk digital yang tidak ada wujudnya, tentu tidak ada benefit langsung yang akan membuat tim Anda merasakan manfaatnya.

Ini adalah saran pribadi saya, bila Anda ingin join di MLM yang produknya digital/ tidak real silahkan saja karena pertimbangan Anda sendiri.

Bila menurut Anda produk/ industri yang Anda ingin pilih itu adalah salah, jalan terbaik adalah segera menentukan langkah sebelum melangkah lebih jauh. Maksudnya begini, jangan gegabah dan membuat keputusan tergesa- gesa, ini bisa membuat hal yang benar menjadi salah dan sebaliknya.

Intinya bila BENAR- BENAR salah, maka berbaliklah dan ambil perusahaan dengan produk & industri yang benar, karena sejauh apapun Anda salah mengambil jalan, Anda tetap harus putar balik dan kembali ambil jalan yang benar.

Intinya adalah sebelum memutuskan apakah sebuah produk itu salah atau tidak, industri itu salah atau tidak, silahkan lihat bila ada orang lain yang bisa melakukannya dan terlebih bila ada beberapa orang yang sukses di sana, berarti yang salah adalah Anda. Jangan salahkan bisnis & produknya, karena itu ditentukan oleh satu- satunya orang di dunia untuk kesuksesan Anda: yaitu Anda sendiri!

Top