FAKTA YANG SALAH:

Anda hanya perlu join di bisnis MLM dan tidak perlu kerja apapun, bisa mendapatkan imbal hasil dari investasi Anda di MLM tersebut.

FAKTA YANG BENAR:

Konsep MLM sangat simple/ sederhana, dan untuk sukses di bisnis MLM selain join (beli produk, bukan investasi) yang Anda perlu kerjakan adalah mulai menjual produk & membangun jaringan, minimal Anda rekrut beberapa orang aktif di awal dan bila mereka berkembang maka bisnis Anda secara otomatis akan berkembang.

PENJELASAN:

Ada perbedaan besar sekali antara MLM dan investasi bisnis, maupun investasi bodong (money game/ arisan berantai) dan perbedaannya sangat besar dan mencolok. Saat penulisan artikel ini, tengah tutup beberapa bisnis money game/ investasi bodong, ada yang dari Rusia, lokal Indonesia, dll, dan fenomena seperti ini (orang ikut money game) dan berharap mendapatkan uang cepat dan besar sering kali berujung kepada kekecewaan dan uang yang hilang karena perusahaan tutup dan tidak ada kejelasan.

the-power-of-passive-income-streams-on-your-blogMLM adalah bisnis, dan bisnis berarti harus ada produk/ jasa yang dijual, dan harus ada operasional keseharian. Tanpa operasional keseharian maka tidak ada bisnis yang berjalan, dan tidak akan ada profit. Bila tidak ada profit, perusahaan tidak bisa membayarkan apapun kepada kita sebagai distributornya.

Bila Anda berharap masuk dan tidak mengerjakan apa- apa dan bisa sukses/ menghasilkan sesuatu di MLM, lebih baik jangan join karena hal itu tidak akan terjadi. Anda sebagai pemilik bisnis sendiri di MLM adalah orang yang paling bertanggung jawab atas sukses tidaknya bisnis MLM Anda, dan kesuksesan seperti ini hanya bisa dipastikan oleh kerja Anda sendiri.

Bagaimana dengan konsep passive income, yang membuat orang ingin jalankan bisnis MLM yang mana tidak kerja tapi uang datang sendiri?

Hal ini bisa dibangun melalui bisnis MLM tapi menurut saya tidak akan terjadi dengan instant. Menurut pengalaman & pengamatan yang selama ini saya lihat adalah butuh waktu sekitar 2 – 3 tahun bekerja untuk mulai mempunyai bisnis MLM yang memberikan passive income yang cukup massive (milyaran per bulan secara pasif).

Seperti MLM yang saya jalankan ini memang mempunyai sistem yang paling simple yang pernah saya temui, dan itu adalah contoh bisnis MLM yang ideal karena membuat cara bisnisnya menjadi simple, semakin simple maka semakin banyak orang yang mau menjalankan bisnisnya.

Pertanyaan lain: Apakah ini investasi?

Kebanyakan MLM adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang tertentu yang mempunyai sebuah produk, yang kemudian di MLM kan untuk sebagai jalur distribusinya. Jadi tepatnya untuk memulai bisnis MLM adalah belanja produk, dan bukan investasi.

Perbedaan utama investasi & belanja produk adalah seperti Anda belanja ke supermarket terdekat, mengambil beberapa barang kebutuhan keseharian mulai dari sabun, shampo, pasta gigi, makanan, roti, dll, dan kemudian Anda datang ke kasir sambil bertanya, “Berapa total belanjaan saya?” … dan Anda tidak akan bertanya , “Berapa investasi saya?” di kasir tersebut.

Anda lihat perbedaannya?

Saya lihat faktanya adalah MLM berkembang karena produknya bagus, berbicara dengan sendiri, revolusioner, unik, dan memberikan hasil sesuai dengan industri dan bidangnya. Jadi bila sebuah MLM tidak ada produk atau bahkan ada produknya tapi tidak unik (me too product/ tiruan & banyak di pasaran), maka sepertinya itu bukanlah MLM. Ataupun misal perusahaan tersebut masih mengklaim dia adalah perusahaan MLM, orang- orang yang mengerti bisnis ini tidak akan masuk & memilih perusahaan itu untuk dijadikan partnernya.