Bisnis MLM Online: Cara lama vs baru?

oldschoolnewschool

Istilah bisnis MLM new school dan old school mulai diperbicangkan beberapa tahun belakangan dengan hadirnya internet. MLM mulai memasuki babak baru dan seperti semua hal yang baru tentunya pasti 100% timbul pro dan kontra, semua orang punya pandangan masing- masing.

Artikel kali ini, tentunya saya akan memberikan opini saya pribadi, tentunya kita akan membahas topik yang menarik ini secara lebih dalam misalnya dari segi perusahaannya dan tentunya yang paling ditunggu banyak rekan networker adalah tentang segi promosi online & marketing untuk MLM.

Apakah memungkinkan melakukannya secara online mulai dari mendapatkan prospek hingga closing?

Apakah memungkinkan untuk melakukannya serba full online?

Apakah harus dilakukan dengan setengah online dan setengah offline? Bila ya, mana yang cocok untuk dibagi?

Perusahaan apa yang cocok untuk di era online ini?

Kita masuk ke pembahasan pertama yaitu penjelasan old school dan new school MLM itu sendiri.

CARA LAMA VS CARA BARU BISNIS MLM

“Yang abadi adalah perubahan itu sendiri,” ini merupakan kebenaran. Cerita dinosaurus punah karena tidak berubah terus berulang, terutama dalam dunia bisnis, khususnya di bisnis MLM. Hadirnya internet menimbulkan istilah “new school MLM” yang mana merupakan cara baru dalam melakukan bisnis jaringan. Semua menggunakan internet, mulai dari mendapatkan prospek/ daftar nama baru, melakukan presentasi, follow up, dan akhirnya closing.

Dibandingkan dengan cara lama yang harus melakukannya secara langsung/ cenderung manual, harus menemui orang one on one, melakukan home meeting, hotel meeting, dll.

Keduanya memberikan hasil yang sama- sama jalan, hanya cara mainnya berbeda.

“Bila bisnis Anda tidak ada di internet, siap kehilangan bisnis Anda,” Bill Gates.

Jadi ada di internet menurut orang terkaya di dunia adalah suatu keharusan.

Saya pribadi sangat setuju dalam hal ini, karena semuanya menjadi lebih murah & mudah di internet, dan tentunya ada cara baru lagi yang perlu dipelajari dan dijalankan pebisnis jaringan bila Anda ingin masuk ke internet, melakukannya dengan cara new school.

Bukan berarti meninggalkan old school, saya sarankan Anda mix keduanya.

 

APA MEMUNGKINKAN BISNIS JARINGAN FULL ONLINE?

Pertanyaan ini bila ditujukan kepada 2 orang berbeda yang 1 suka sekali dengan online karena terkesan mudah & otomatis, sedangkan yang tidak terlalu suka online dan suka menjalanka offline langsung tatap muka, tentu keduanya akan punya jawaban berbeda.

Untuk itu saya pribadi akan menjawab apakah bisa dilakukan bisnis jaringan full online?

Saya menjalankannya secara mix alias campuran online dan offline.

Namun saya tahu beberapa orang sukses menjalankannya full online dan berhasil. Ada juga yang full offline dan juga berhasil juga.

Dalam hal ini tidak ada yang benar dan yang salah, Anda tidak perlu membingungkannya lagi karena kenyataannya keduanya sama- sama jalan.

Anda mau full online? Bisa juga. Mau full offline? Sama, tetap bisa sukses.

Intinya adalah: JUST DO IT!

 

BAGAIMANA MELAKUKAN CAMPURAN ONLINE DAN OFFLINE UNTUK BISNIS JARINGAN?

online-vs-offline-300x216Saya pribadi melakukan setengah online dan offline dicampur, khususnya dalam mendapatkan daftar nama baru/ prospek baru karena kenalan kita terbatas dan lebih banyak orang yang tidak kita kenal dibandingkan dengan yang kita kenal.

Karena saya mengalami dan melakukan baik online maupun offline jadi saya bisa mengerti kira- kira apa yang terjadi di mindset para pebisnis jaringan online maupun offline.

Untuk itu saya bisa katakan bahwa memang sedikit berbeda teknik untuk online dan offline ini dalam setiap step/ langkah yang diambil.

Misalnya kita bahas step tadi yaitu untuk meendapatkan daftar nama baru. Satu hal ini saja bila dilakukan secara offline tentu adalah dengan melakukan seperti bermain permainan 1 menit untuk menulis daftar nama panjang dan tanpa dipilih- pilih. Setelah itu baru kita telepon satu per satu untuk buat janji. Tidak ada yang salah dalam hal ini karena juga terbukti berhasil, tekniknya saja yang berbeda.

Untuk online, Anda perlu menggunakan teknik drive traffic dan menggunakan lead capture page, untuk kemudian Anda bisa tentukan apakah akan melakukan presentasi manual, via telepon, video, webinar, atau apapun yang Anda gunakan.

Jadi Anda pribadi bisa putuskan untuk melakukan online dan offline di bagian yang mana dari penjelasan singkat tadi di atas.

Untuk lebih detail dalam menjalankan bisnis MLM secara online Anda bisa daftar kepada pelatihan gratis bisnis MLM online yang ada di website ini.

 

REKOMENDASI PERUSAHAAN MLM FULL ONLINE ATAU TIDAK?

Online-network-marketing-mlmMemilih perusahaan memang bukan hal mudah, namun syaratnya bila saya pribadi ditanya, maka online adalah sebuah keharusan.

Bila memungkinkan maka harus internasional jaringannya supaya tidak ada limit pengembangan bisnis Anda. Bila Anda bisa bahasa internasional, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan presentasi bisnis/ siapkan aset online Anda untuk ekspansi bisnis secara internasional.

Minimal perusahaan tersebut bisa melakukan registrasi member baru langsung secara online tanpa perlu ribet form dll.

Ini akan mempercepat bisnis Anda dan bisnis MLM online yang memang seharusnya sudah menjadi standard untuk persaingan bisnis sekarang ini.

Top