Categories: Awam Bisnis MLM

Memulai bisnis mlm sebagai distributor(1)

Memulai bisnis MLM sebagai distributor adalah sebuah permulaan untuk membangun sumber income unlimited, tanpa harus punya latar belakang khusus, dengan jalur bisnis yang berada di level berbeda karena semua infrastrktur bisnis telah disediakan, produk yang khusus, dan percepatan income yang jelas tinggi apalagi telah ada semua perhitungan bonus yang jelas.

Informasi ini adalah untuk membuat Anda siap menjadi seorang distributor MLM yang berhasil dan handal sejak pertama kali Anda menjalankan bisnis.

Bagaimana memulai bisnis MLM sebagai distributor sehingga Anda tidak gagal nantinya, bahkan sebelum Anda memulainya?

  1. mindset kerja yang benar
  2. pilihlah 4 kriteria untuk pertimbangan
  3. ikuti sistem
  4. kerja tim
  5. ketahui rules of the compensation plan

 

 

  1. MINDSET KERJA YANG BENAR

Ini adalah bisnis jadi Anda harus melakukan pekerjaan untuk menghasilkan income, yaitu menjual produk dan mengembangkan jaringan. Semakin cepat Anda menyebarkan informasi bisnis dan produk Anda kepada warm market Anda semakin bagus, terlepas dari apapun reaksi mereka nantinya.

Dengan hanya diam saja, bisnis Anda tidak akan kemana- mana.

Bisnis network marketing juga menyukai kecepatan, saat Anda start Anda bisa langsung memainkan peran Anda sebagai anggota tim untuk mulai menjalankan bisnis Anda.

 

2. PILIHLAH 4 KRITERIA UNTUK PERTIMBANGAN

Pertimbangan yang bisa Anda punyai adalah produk yang bagus, perusahaan yang bonafide, tim bisnis yang komitmen, dan compensation plan/ marketing plan yang simple, aman bagi distributor dan perusahaan, dan menghasilkan.

Saya membahas banyak tentang basic ini di artikel lain.

 

3. IKUTI SISTEM

Bila Anda bukan orang yang bisa membuat sistem Anda sendiri atau ingin ikut bisnis MLM adalah untuk punya bisnis yang siap dijalankan, atau Anda ingin punya bisnis yang segera jalan sejak Anda masuk ke bisnis tersebut, maka Anda perlu mengikuti sistem.

Untuk melihat apakah sistem tersebut bagus untuk Anda, Anda perlu melihat dulu hasil akhirnya. Apakah sudah ada orang yang sukses melakukan hal tersebut?

Ini bisa Anda dapatkan di pertemuan saat recognition. Bila pertemuan tidak ada di bisnis MLM Anda, maka silahkan cek langsung ke orangnya, mintalah waktu sebentar untuk interview orangnya.

Ini pernah saya lakukan, walaupun tepatnya bukan untuk mengecek efisiensi sebuah sistem, tapi intinya adalah bagaimana seseorang tersebut sukses di bisnis MLM nya, dan saya minta waktu sebentar ke upline nya upline saya yang lumayan jauh terpautnya secara level/ kedalaman dari saya.

Hasilnya?

Orangnya bersedia ngobrol 1 jam di coffee shop tempat hotel dia menginap dan walaupun sudah capek, beliau masih bersedia untuk ditemui dan interview.

Mengikuti sistem yang seragam akan membuat tim Anda bisa bergerak dengan lebih mudah.

Bila Anda belum ‘klik’ yang dimaksud dengan ‘sistem’, di bisnis MLM sering kali yang disebut sistem adalah runtutan dan langkah kerja yang terbukti untuk dilakukan seluruh tim member.

Bisa jadi berupa:

  1. serangkaian pertemuan –> lebih dari 1 jenis pertemuan ada yang training, untuk rekrut, produk training, dll
  2. serangkaian pelatihan –> bisa jadi pelatihan berupa pertemuan, DVD/ CD audio, buku, dll
  3. jadwal sepanjang bulan

Orang yang mengikuti sistem punya tingkat keberhasilan yang jauh lebih tinggi daripada orang yang tidak.

Singkat cerita, dari pengalaman saya sarankan mengikuti sistem dan silahkan ikuti dulu sistemnya.

Sebagian orang yang kritis ingin memberikan input/ kritik kepada tim, dan hal ini wajar saja, hanya menurut saya lebih baik Anda lakukan terlebih dahulu dan lihat hasilnya (rasakan sistemnya dengan melakukannya) dibanding melogika dan memikirkannya terlebih dahulu.

Mengapa demikian?

Karena ini adalah netWORK marketing dan bukan netTHINK marketing.

Hehehe..

 

4. KERJA TIM

Anda lihat marketing plan perusahaan manapun di seluruh dunia, dibutuhkan tim dan susunan serangkaian orang untuk bisa sukses di bisnis MLM.

Butuh kerja tim untuk melakukannya.

Melakukan kerja tim ini mustahil dilakukan sendirian.

Diperlukan kecocokkan satu sama lain dalam 1 tim, dan punya budaya yang bagus dalam 1 tim untuk punya tim yang bisa berkembang, kompak, dan bahkan lebih dekat dibandingkan saudara.

Anda perlu mengembangkan sikap positif dalam tim, dan itu dimulai dari Anda sendiri.

Mengembangkan budaya sikap positif memang tidak mudah, tapi bila Anda tidak mengembangkan ini maka hasilnya pasti tim Anda tidak pernah akan bisa besar.

Mengapa demikian? Sikap positif diperlukan untuk bersaing sehat, senang saat orang lain sukses, punya kompetisi yang menyehatkan, dan atmosfer tim Anda akan membuat tim/ orang lain ingin berkembang dengan Anda/ tim Anda.

 

5. Ketahui rules of compensation plan

Anda tidak ingin bekerja dengan sia- sia, dan ini semua sudah diatur oleh compensation plan perusahaan Anda.

Pelajari compensation plan perusahaan Anda, macam- macam compensation plan punya keunikan satu sama lainnya, dan Anda perlu jeli.

Misalnya apakah lebih menguntungkan untuk rekrut pribadi saat Anda telah mencapai level/ ranking tertentu di perusahaan Anda, atau lebih menguntungkan bila Anda membantu downline Anda untuk rekrut pribadi.

Tidak mengetahui luar dan dalam compensation plan perusahaan Anda akan membuat perjalanan Anda lebih panjang.

Apalagi syarat dan ketentuan setiap ranking perusahaan Anda. Semakin simple, mudah, dan transparan untuk syarat dan ketentuan per ranking, maka akan membuat sukses Anda lebih cepat dan lebih mudah.

Tentu akan membuat semakin banyak orang  untuk mau bergabung dan menjalankan bisnis tersebut dengan Anda.

 

FINAL

Setelah mengetahui 5 hal di atas, bagaimana dengan bisnis MLM Anda sendiri saat ini?

Apakah Anda telah berada di perusahaan yang tepat, atau Anda merasa masih banyak informasi yang belum Anda ketahui di perusahaan Anda?

Ini saat yang tepat untuk Anda dapatkan info tambahan tentang semua info yang belum Anda ketahui sekarang.

Sukses untuk Anda.

Berbagi dengan dunia, sahabat, & teman2! Mereka akan berterima kasih kepada Anda karena membagikan posting yang bermanfaat.

Posted on Sep 15, 2015

About the Author

Johan adalah seorang distributor MLM dan telah berada di industri ini mulai tahun 2009. Secara profesional mengembangkan bisnisnya secara online dan offline, nasional dan internasional.
Berawal dari keinginan untuk membangun aset & passive income, pelajaran membangun aset melalui bisnis MLM pun dimulai.

Menyadari lebih banyak orang yang gagal daripada yang sukses di bisnis apapun (termasuk bisnis jaringan), maka Johan berinisiatif membuat website ini, yang ditujukan kepada orang- orang yang ingin sukses membangun aset di bisnis jaringan bersama dengan tim Johan untuk mencapai sukses.

Top