Categories: Awam Bisnis MLM

Bagaimana Marketing Plan bisnis MLM?

pyramid-sheme-business-ponzi

Marketing plan / compensation plan adalah salah satu pilar apakah Anda akan menjalankan sebuah bisnis MLM atau mengambil kesempatan dari perusahaan lain, dari dulu hingga sekarang adalah perusahaan selalu bersaing dalam memberikan kemudahan & hasil imbal kerja kepada para distributornya.

Di halaman ini kita tidak hanya akan membahas beberapa model marketing plan, tapi supaya sebagai distributor Anda tidak terjebak dalam menganalisa bisnis MLM saja dari sudut pandang marketing plan tapi juga akan menjalankannya. Banyak orang yang mengerti analisa marketing plan, akhirnya dia sibuk membandingkan dengan yang lain sehingga tidak take action sebagai distributor MLM, dan akhirnya tidak menjadi profit juga.

Karena secara luas di Google Anda juga bisa melihat banyak model marketing plan, maka tidak akan saya jelaskan dengan terlalu detail di sini, tapi yang penting Anda mengerti.

MARKETING PLAN MATAHARI

matahari

Sistem marketing plan ini adalah Anda menempatkan frontline Anda tepat di bawah ini, generasi satu, dan jumlah yang bisa Anda sponsori adalah unlimited, dan saat Anda mensponsori 1 orang baru maka orang yang lama tidak akan merasa ada bedanya karena hasil Anda tidak ada hubungannya dengan dia.

Banyak perusahaan yang sukses dengan model seperti ini, tapi kebanyakan perusahaan lama yang menggunakan sistem ini.

BINARY

Binay-Compensation-pay-plan

Ini adalah compensation plan yang modern yang sering kali selama ini dipakai, yaitu Anda mengembangkan 2 tim saja di kiri dan kanan, kemudian perhitungan bonusnya adalah berdasarkan omset tim Anda. Ada berbagai macam cara mencairkan bonusnya, di setiap perusahaan tidak sama, tapi yang sama adalah saat Anda mensponsori orang lagi maka akan ditempatkan di bawah frontline Anda tadi, Anda memilih tim 1 atau 2. Demikian seterusnya tim Anda juga melakukan hal yang sama.

Marketing plan seperti ini menonjolkan kecepatan kerja secara tim, semakin cepat perkembangan duplikasi 2 nya, sering kali akan semakin bagus bonus Anda.

FORCED MATRIX

Marketing plan matrix sering kali adalah kelebarannya ada maximalnya, contoh gambar di bawah ini Anda Anda bisa melebar 3 saja:

forced-matrix-plan

Biasanya matrix ini digabungkan dengan marketing plan 1 garis/ powerline, yang mana membuat orang- orang menjadi tertarik karena limpahan yang diberikan upline dan tidak usah kerja. Walaupun demikian, percayalah bahwa dimana- mana frontlining/ mensponsori orang baru adalah hal yang pasti bila berhubungan dengan bisnis MLM.

 

Masih ada beberapa lagi model marketing plan seperti sistem board, dll, tapi tidak akan dibahas di sini karena akan melebar penjabarannya ke sistem money game yang mana sangat tidak direkomendasikan.

PENYAKIT LAMA DISTRIBUTOR MLM

Ada beberapa penyakit lama distributor MLM yang Anda harus mengerti supaya tidak Anda ulangi lagi, tentunya berkaitan dengan marketing plan.

#1 Marketing plan baru, yang lama lebih jelek

Ada beberapa distributor yang merasa hal ini benar, yaitu baru lebih baik daripada yang lama. Bila dibadingkan secara head to head marketing plan mungkin ya itu benar, tapi bukankah itu adalah cara yang salah dalam membandingkan sebuah bisnis MLM dengan lainnya?

Jawabannya untuk kesalahan ini adalah semua bisnis MLM tidak ada sistem yang sempurna, karena ini adalah hanya sistem perhitungan bonusnya saja. Mungkin walaupun sebuah bisnis itu baru secara marketing plan lebih bagus, belum tentu bisa mengalahkan yang telah terbukti berdiri sekian tahun lebih awal. Betul?

=)

#2 lebih mudah syaratnya, saatnya pindah

Mungkin setiap perusahaan mempunyai syarat & ketentuan untuk setiap marketing plan mereka, dan ini adalah sepenuhnya hak perusahaan tersebut. Tapi jangan salah, bahwa syarat ada yang memberikan lebih mudah dari perusahaan yang satu, sehingga hal ini membuat Anda goyah & ingin pindah perusahaan hal ini belum tentu langkah yang benar!

Semudah- mudahnya syaratnya harus dipertimbangkan dari sudut pandang company, apakah masuk akal apakah merugikan. Bila merugikan maka perubahan itu tidak akan berlangsung lama dan bila Anda memutuskan pindah ke company tersebut maka Anda hanya akan kecewa & lompat lagi saat ada kesempatan. Itu bukan solusinya!

#3 tidak perlu rekrut

MLM = rekrut, bila tidak ingin merekrut jangan join MLM karena semua marketing plan MLM mengharuskan Anda untuk merekrut tim baru, entah itu untuk bisnis aktif atau user saja.

Bila merekrut menjadi masalah maka itu bisa dipelajari karena semua orang bisa belajar hal teknis/ merekrut. Bila Anda mendapatkan sebuah informasi bisa sukses kaya raya tanpa rekrut, bisa jadi itu money game yang di-MLM kan. Atau MLM dengan sistem marketing plan yang salah, yang menggunakan perhitungan rasio yang sewaktu- waktu bisa jebol karena tinggal tunggu perhitungan rasionya.

#4 di atas selalu untung duluan, sistem piramida!!

Faktanya adalah saya sendiri bisa membalap upline saya karena bekerja lebih cerdas dan keras dibanding upline saya tersebut. Singkat cerita di bisnis MLM yang benar Anda tidak peduli ‘lokasi’ atau kapan Anda join, yang penting secara profesional Anda kerjakan maka secara income Anda juga bisa lebih besar karena bekerja lebih keras & cerdas!

Sistem piramida adalah yang join belakangan pasti dirugikan, dan bukan karena bentuknya seperti piramida, karena faktanya semua bisnis & organisasi di dunia adalah piramida.

 

 

Sebuah marketing plan haruslah profitable, dan masuk akal bagi perusahaan juga. Maka Anda baru bisa membangun sebuah bisnis long term yang profitable di bisnis MLM!

Berbagi dengan dunia, sahabat, & teman2! Mereka akan berterima kasih kepada Anda karena membagikan posting yang bermanfaat.

About the Author

Johan adalah seorang distributor MLM dan telah berada di industri ini mulai tahun 2009. Secara profesional mengembangkan bisnisnya secara online dan offline, nasional dan internasional. Berawal dari keinginan untuk membangun aset & passive income, pelajaran membangun aset melalui bisnis MLM pun dimulai.Menyadari lebih banyak orang yang gagal daripada yang sukses di bisnis apapun (termasuk bisnis jaringan), maka Johan berinisiatif membuat website ini, yang ditujukan kepada orang- orang yang ingin sukses membangun aset di bisnis jaringan bersama dengan tim Johan untuk mencapai sukses.

Top