Categories: Awam Bisnis MLM

Konsep Dasar Bisnis MLM

Ini adalah tentang konsep dasar bisnis MLM, sebuah informasi mendasar yang membuat saya melihat bisnis MLM menjadi sebuah terobosan bisnis abad ini, yang mana tanda- tandanya tidak terlihat adanya penurunan tapi malah yang ada adalah kenaikan yang terus dan tidak berhenti setiap tahunnya.

Distributor MLM pun adalah sebuah profesi yang mengasyikkan karena di sini Anda akan mendapatkan banyak keuntungan yang fair dan masuk akal, dengan perhitungan yang transparan sehingga Anda tahu detail bisnis dan keuntungannya dapat diprediksikan.

Konsep dasar bisnis MLM ada 2 yang ingin saya bahas, yaitu:

  1. secara efisiensi jalur distribusi
  2. konsumen dan penjual sekaligus

Bahasannya supaya tidak meluas maka akan saya fokuskan di 2 hal ini, jadi Anda akan benar- benar mengerti mengapa bisnis MLM itu adalah sebuah bisnis, dan masih banyak orang yang belum menyadari hal ini. Saya yakin ke depan akan semakin banyak orang yang menyadari hal ini dan mengerti konsepnya.

 

BISNIS MLM ADALAH EFISIENSI JALUR DISTRIBUSINetwork marketing (pemasaran jaringan) atau MLM adalah sebuah konsep untuk memasarkan produk kepada secara langsung dari pabrik ke konsumen, dan hal ini kebalikan dengan cara distribusi konvensional yang sering kali alurnya adalah sebagai berikut ini:

  • pabrik/ produsen – distributor – tunggal – agen wilayah suatu provinsi – grosir di kota – toko retail – konsumen

Bagaimana bila alurnya dibuat seperti ini:

  • pabrik –> konsumen

Bukankah menjadi jauh lebih praktis dan bukankah itu menjadi sebuah terobosan?

1 2

Bila dilihat dari segi keuntungan, bila setiap pihak di rantai distribusi tersebut mendapat 10% profit maka bila ada pihak di dalamnya sampai ke konsumen maka harganya sudah lebih mahal 60% untuk profit mereka.

Konsep profit 60% tersebut di bisnis MLM akan diberikan kepada konsumen yang sekaligus menjadi anggota, member, atau distributor dan itulah yang dikembalikan lagi kepada member dalam bentuk compensation plan/ rencana kompensasi perusahaan MLM tersebut kepada distributornya.

Saya sebagai distributor MLM menjadi tertarik karena konsep ‘smart’ dalam efisiensi ini, semua orang tanpa memandang latar belakang bisa sukses, dan tidak bergantung apakah orang tersebut punya modal cukup besar atau tidak. Bukankah Anda juga akan senang bila mempunyai kesempatan sukses yang sama dengan orang lain dalam sebuah kesempatan bisnis?

Selain 60% profit untuk setiap rantai distribusi biasanya masih ada biaya marketing 5% – 10% untuk sayembara, iklan nasional, dan lain sebagainya. Bayangkan bila sebuah perusahaan harus mengeluarkan semua biaya itu di depan bahkan sebelum adanya hasil dan kepastian suksesnya sebuah bisnis itu?

Dengan alasan itulah sebuah perusahaan dengan produk yang tentunya harus masterpiece dan unik, mau mempunyai sistem distribusi MLM karena murah dan kuat.

Menggabungkan semangat pengusaha dan konsumen yang antusias, memakai, percaya, dan dibayar adalah gabungan yang membuat sebuah perusahaan MLM mengalami peledakan bisnis luar biasa tanpa perlu keluar biaya besar di depan!

 

KONSEP KONSUMEN SEKALIGUS PENJUAL/ DISTRIBUTOR MLM

buyer-seller-lnSeperti yang baru saja saya tulis, konsumen yang ‘gila’ (dalam arti positif) seperti itu membuat sebuah bisnis MLM menjadi kuat dan perkembangannya dahsyat sekali.

Ide ‘pakai produknya dengan gratis dan bahkan dibayar’ adalah menjadi awal dari banyak orang mengenal bisnis MLM. Awalnya konsep ini adalah hanya untuk have fun bagi para konsumennya, yaitu mendapatkan free produk dengan memperkenalkan kepada teman- teman, sesama konsumen dan lain sebagainya. Lama- lama konsep ini menjadi sesuatu yang jauh lebih serius daripada sekadar ‘have fun’ dan lebih cocok disebut sebagai sebuah ‘bisnis besar’.

Pernahkah Anda bertemu dengan orang yang mempunyai penghasilan Rp500jt/ minggu hanya dalam waktu 5 bulan pertama dalam mengawali sebuah bisnis baru?

Saya baru melihatnya hanya dalam bisnis MLM, dan orangnya real. =)

Salah satu kunci sukses bisnis MLM untuk jangka panjang adalah produk yang unik, memberikan hasil, ada industri yang sedang dalam trend, dan faktor produk ini adalah penting dan tidak bisa ditinggal. Di posting lain akan saya sharingkan bagaimana Anda bisa memilih sebuah bisnis MLM dari berbagai segi, dan bagaimana Anda bisa tahu bahwa Anda akan sukses di bisnis MLM bahkan sebelum Anda memulainya.

Kembali ke konsep konsumen sekaligus penjual.

Keseharian Anda sering merekomendasikan sebuah restoran enak kepada teman saat sedang berbincang? Apa yang akan terjadi saat teman Anda percaya kepada Anda tentang restoran tersebut dan akhirnya dia mampir, transaksi, dan menjadi customer loyal, apakah Anda mendapatkan sesuatu mungkin benefit dari restoran tersebut?

Tentu tidak.

Lain halnya bila Anda berada di bisnis MLM, rekomendasi Anda itu akan berbuah manis karena teman yang tadi Anda referensikan tersebut transaksi, Anda juga mendapatkan income, dan teman Anda mereferensikan temannya lagi maka income Anda masih akan terus dapat, demikian seterusnya dan sangat mungkin teman- temannya teman Anda itu sudah tidak kenal dengan Anda tapi masih terus nge-link dan bisnis Anda berkembang bahkan tanpa Anda sadari!

customer-loyalty-programs-300x221Di dunia marketing sering kita kenal yang namanya customer loyal, yang mana setia dengan produk dan jasa sebuah brand, dan malah membela produknya bila mendengar orang lain berkata buruk tentang brand tersebut?

Itulah kekuatan customer yang loyal karena sudah benar- benar merasakan manfaat dari brand tersebut, dan bagaimana caranya sebuah perusahaan menggunakan ‘alat’ ini untuk menjadi lebih cepat berkembang?

Bisnis MLM membuatnya menjadi mungkin, yaitu bukan hanya customer loyal, tapi juga dia menghasilkan uang dari situ, dia suka dengan produknya, mendapatkan income dalamnya, dan hal ini secara terus- menerus berkembang dengan luar biasa pesat.

Anda bisa bayangkan bila brand Starbucks (I’m a fan of coffee too …. =D) mempunyai banyak customer loyal di dunia ini, dan mungkin Anda adalah salah satunya, tapi yang menikmati hanyalah merk Starbucks, pusat, dan franchisee nya yaitu dengan mempunyai branding bagus dan bisnis jangka panjang. Anda dan saya sebagai customer setianya hanya menjadi penonton & penikmat kopinya, tanpa ada hubungannya secara bisnis & komersial.

Tapi bagaimana bila dalam sebuah bisnis network, Anda mempunyai sekelompok konsumen sekaligus penjual yang berkembang bagus di organisasi bisnis MLM Anda, dan untungnya itu adalah sebuah bisnis jaringan, maka hasilnya Anda mempunyai bisnis yang kuat. Bukan saja hanya brand dan perusahaan tersebut yang mendapatkan keuntungan, tapi Anda sebagai pemilik organisasi bisnisnya beserta seluruh orang di dalamnya juga menikmati income dari bisnis tersebut.

Menurut saya dengan konsep MLM ini lebih banyak pihak dan orang yang diuntungkan dalam proses bisnisnya. Itu kenapa banyak orang yang menyukai menjalankan bisnis jaringan karena sistemnya fair dan menguntungkan.

Silahkan cari tahu lebih lanjut tentang bisnis jaringan yang saya rekomendasikan di website ini, dan Anda akan melihat banyak faktor yang membuat Anda akan bisa sukses di bisnis MLM yang saya rekomendasikan. Selain berkesempatan untuk kontak langsung dengan saya, juga bisa menjadi partner kerja. Bila Anda serius ingin sukses dalam tempo 12 bulan ke depan, mempunyai aset yang bekerja terus untuk Anda, silahkan bergabung ke mailing list BisnisMLM.org saya dan Anda akan mendapatkan sebuah informasi yang akan Anda sukai!

Berbagi dengan dunia, sahabat, & teman2! Mereka akan berterima kasih kepada Anda karena membagikan posting yang bermanfaat.

About the Author

Johan adalah seorang distributor MLM dan telah berada di industri ini mulai tahun 2009. Secara profesional mengembangkan bisnisnya secara online dan offline, nasional dan internasional. Berawal dari keinginan untuk membangun aset & passive income, pelajaran membangun aset melalui bisnis MLM pun dimulai.Menyadari lebih banyak orang yang gagal daripada yang sukses di bisnis apapun (termasuk bisnis jaringan), maka Johan berinisiatif membuat website ini, yang ditujukan kepada orang- orang yang ingin sukses membangun aset di bisnis jaringan bersama dengan tim Johan untuk mencapai sukses.

Top