Categories: Awam Bisnis MLM

MLM adalah sebuah bisnis yang unik, karena:

  • tidak memerlukan tempat khusus, bisa dimana saja
  • waktu mengerjakan bisa part time/ full time terserah kita

Ini adalah kebebasan bekerja yang (sebenarnya) disukai banyak orang, karena tidak ada yang mengatur Anda kapan, dimana, dan apa yang harus Anda kerjakan. Benar- benar Andalah business ownernya.

Namun untuk menjadi seorang business owner, Anda harus mempunyai sebuah bisnis, dan untuk mempunyai sebuah bisnis Anda harus memulai bisnisnya. Pertanyaanya sering kali adalah:

“Kapan waktu terbaik untuk saya bisa memulai bisnis MLM saya sendiri?”

 

PERTIMBANGAN WAKTU MEMULAI

waktu timing bisnis mlm

Sering kali ini adalah pertimbangan orang- orang memikirkan kapan waktu terbaik mereka untuk memulai & bergabung di sebuah bisnis MLM.

Masih belum punya banyak waktu, sibuk dengan pekerjaan & kesibukan sekarang.

Mereka kebingungan karena menurut mereka, waktunya telah habis untuk bekerja penuh waktu sampai jam 4 – 5 sore setiap hari, dan hari libur hanyalah hari Minggu. Mereka ingin sekali memulai bisnis MLM mereka tapi karena jadwal mereka padat, maka mereka berpikir bahwa bisnis MLM baru bisa dijalankan setelah mereka ‘pensiun’ atau menganggur, dan punya jadwal yang lebih longgar.

Hal ini memang benar bila jadwal penuh maka tidak bisa dimasukkan jadwal lainnya, namun bila Anda memiliki paling tidak 2 jam sehari luang (waktu tidak produktif seperti nonton TV & hangout/ ngafe bareng teman- teman) maka sebenarnya Anda masih mempunyai waktu kosong yang bisa digunakan untuk membangun bisnis Anda secara part time.

Solusi terbaik bila situasi Anda adalah seperti ini adalah mengecek jadwal Anda, skala prioritas Anda, dan menanyakan kepada diri Anda sendiri, “Bila saya melakukan bisnis MLM ini secara part time, dan saya bisa menghasilkan per bulan sekian juta rupiah tambahan, dan setelah itu saya mempunyai income tambahan untuk merealisasikan impian saya, apakah itu penting untuk saya?”

 

Menunggu ‘pensiun’ supaya punya waktu.

sukses bisnis mlm di masa pensiunPensiun bagi sebagian orang terasa seperti akhir dari tujuan hidup, supaya tidak sibuk dan tidak stres dikejar jadwal & kegiatan yang setiap hari harus dilakukan.

Kondisi yang sebenarnya menurut pengamatan saya kepada orang yang pensiun adalah seperti berikut ini:

  • dia telah ‘keluar’ dari permainan (rutinitas sehari- hari dan lingkungan orang aktif bekerja) & mempunyai semakin sedikit teman
  • kondisi seperti ini membuat mereka ingin kembali bekerja/ paling tidak kembali mempunyai banyak teman dan menjadi aktif kembali, hal ini terlihat dari banyaknya orang pensiun yang mencari kegiatan dengan berkumpul dengan teman- teman yang sama- sama pensiun
  • ‘pensiun’ selalu identik dengan usia yang telah menua, sudah tidak sekuat dulu dalam bekerja
  • banyak sekali cerita seseorang yang pensiun dan tidak punya kegiatan mengalami ‘mati harapan’ karena otaknya tidak digunakan dan dilanda perasaan ‘mengasihani diri sendiri’ dan perasaan ‘dia sudah tidak diperlukan/ tidak bermanfaat lagi’ , kemudian mati beberapa tahun (atau lebih singkat) di masa pensiun

Walaupun ada juga orang yang sukses justru pada saat dia di masa pensiun (Colonel Sanders, KFC), namun saya rasa melihat kondisi umum di atas mengenai pensiun, kondisi itu bukanlah cara yang menyenangkan untuk menikmati masa pensiun.

Solusi untuk kondisi seperti ini adalah:

Saya telah melihat banyak orang yang sukses di bisnis MLM dan memulai di umur yang seharusnya dia telah masuk ke masa pensiun, dan saya salut karena bila mereka yang telah berumur saja punya keinginan sukses (dan terbukti sukses), maka ini adalah bukti yang lebih dari cukup untuk membuat orang yang lebih muda seharusnya juga jauh lebih bisa. Namun ada sisi lainnya, sebagai berikut ini.

Mengerjakan bisnis MLM sampai sukses (dengan cara yang benar) di masa Anda masih aktif & usia produktif akan membuat Anda bisa pensiun muda & pensiun kaya. Pensiun dengan kondisi seperti ini memang jauh lebih baik dari gambaran yang telah digambarkan sebelumnya karena banyak aktifitas menyenangkan yang bisa dilakukan berhubung tenaga & kesehatan Anda masih prima.

Selain itu karena Anda masih aktif bekerja, Anda mempunyai kolega, kenalan, dan teman yang juga masih aktif bekerja, ini akan memudahkan Anda untuk mempunyai jaringan yang juga bisa aktif nantinya.

 

Menunggu punya modal dulu

modal bergabung bisnis mlmMemulai bisnis selalu membutuhkan modal, dan hal yang sama berlaku di bisnis MLM karean Anda harus membeli paket produk untuk bergabung dan menjalankan bisnisnya.

Pada dasarnya Anda harus ingat bahwa bergabung di bisnis MLM adalah untuk Anda bisa menghasilkan income dan ini harus Anda ingat.Sering kali bisnis MLM tidak memerlukan biaya yang tinggi, karena untuk membangun aset dengan potensi income yang sama, di luar bisnis MLM pun ada cara & opsinya, seperti bisnis franchise dan bisnis konvensional/ tradisional, tapi memerlukan modal yang cukup lumayan.

Boleh dibilang mulai dari puluhan juta ke atas, hingga tak terbatas.Sedangkan bisnis MLM kebanyakan yang beredar saat ini sering di kisaran Rp20jt ke bawah, malah juga banyak yang berkisar Rp10juta & Rp5jt ke bawah.

Dengan potensi income yang sama besar dan resiko yang lebih keecil dibandingkan model bisnis yang lain, tentu justru dengan bergabung dengan bisnis MLM akan memberikan Anda kesempatan untuk mempunyai income & modal.Solusinya:Masih ingat Anda bergabung di bisnis MLM adalah untuk mempunyai bisnis & income tambahan?

Jadi semakin cepat bergabung dengan bisnis MLM, semakin cepat Anda juga akan mendapatkan income yang Anda inginkan.

Bila memungkinkan Anda punya credit card (kartu kredit), bisnis MLM yang sedang saya jalankan memungkinkan untuk mendaftar melalui kartu kredit jadi Anda bisa bayar mundur tagihan kartu kredit itu setelah menerima bonus dulu dari perusahaan (dibayar mingguan), dan bahkan bisa kontak ke bank penerbit kartu kredit Anda untuk merubahnya menjadi cicilan. Semakin banyak jalan menuju Roma!

 

JADI KESIMPULANNYA KAPAN WAKTU YANG TEPAT?

Waktu yang tepat untuk bergabung di sebuah bisnis MLM tentu Anda sendiri yang menilai kapan Anda siap memulai, tapi menunggu siap maka akan muncul di benak Anda “entar besok deh, tunggu siap…” hingga akhirnya bisnis tersebut keburu lewat, bisnis itu menjadi besar (tanpa Anda di dalamny), dan Anda ketinggalan kereta.

Waktu yang tepat untuk bergabung di sebuah bisnis MLM tentu adalah saat peluang itu mengetuk terutama bila Anda tahu bahwa bisnis itu adalah baru dan Anda berkesempatan menjadi pionir dalam bisnisnya, Anda mungkin perlu mencari kebenaran dan semua data yang mendukung, begitu Anda menemukan semua yang diperlukan untuk memastikan bahwa itu adalah bisnis MLM yang baik, benar, dan menghasilkan maka segera mendaftarlah dan mengerjakan bisnis tersebut dengan benar.

Timing is everything, dalam semua bisnis hal itu adalah benar, dan termasuk bisnis MLM. Ingin tahu bisnis yang saya sedang kerjakan? Ini adalah bisnis yang juga membuat Anda menjadi pionirnya!

Berbagi dengan dunia, sahabat, & teman2! Mereka akan berterima kasih kepada Anda karena membagikan posting yang bermanfaat.

About the Author

Johan adalah seorang distributor MLM dan telah berada di industri ini mulai tahun 2009. Secara profesional mengembangkan bisnisnya secara online dan offline, nasional dan internasional.
Berawal dari keinginan untuk membangun aset & passive income, pelajaran membangun aset melalui bisnis MLM pun dimulai.

Menyadari lebih banyak orang yang gagal daripada yang sukses di bisnis apapun (termasuk bisnis jaringan), maka Johan berinisiatif membuat website ini, yang ditujukan kepada orang- orang yang ingin sukses membangun aset di bisnis jaringan bersama dengan tim Johan untuk mencapai sukses.

Top