Categories: Awam Bisnis MLM

vemma-products

Apa yang Anda rasakan bila setelah join sebuah MLM dengan produk yang luar biasa, menemukan tim yang mendukung Anda dengan impian yang sama, tengah berusaha ke peringkat yang lebih tinggi tapi ternyata perusahaan MLM Anda ditutup?

Itu yang terjadi dengan Vemma di tahun 2015 ini.

PENTING:

  • Artikel ini tidak dimaksudkan untuk menghakimi atau mencap Vemma bersalah atau tidak, atau apapun itu.
  • Informasi ini dimaksudkan bagi para pebisnis MLM untuk lebih cerdik dalam mengambil keputusan dan bergabung dengan banyak pertimbangan karena melihat lebih ketatnya peraturan di berbagai negara ke depannya.
  • Penulis tidak terlalu mengetahui banyak tentang perusahaan Vemma ini, baik produk, compensation plan, company profile, atau apapun detail di dalamnya
  • artikel ini difokuskan untuk membahas ditutupnya bersifat sementara sampai ada keputusan lanjutan operasional Vemma secara global oleh FTC
  • FTC mencap Vemma adalah ‘worldwide pyramid scheme’, atau skema piramid dengan level dunia. Dengan melihat sekilas di internet banyaknya kesaksian produk Vemma dll sepertinya perusahaan ini termasuk yang ‘baik= baik saja’

Vemma adalah perusahaan MLM suplemen dari Amerika yang cukup lama berdiri dan namanya cukup tenar di Amerika, dan di tahun 2015 ini ditutup sementara operasional secara global oleh FTC alias Federal Trade Commission atas dasar beberapa tuduhan.

Anda bisa membaca artikel langsung dari FTC Amerika di sini tentang apa yang mereka permasalahkan atas Vemma.

Tugas FTC ini adalah untuk perlindungan konsumen Amerika dan tentunya hanya berlaku di negara sana. Dari kasus ini kita bisa belajar dari sebuah negara yang hukumnya paling jelas, dan berjaga- jaga supaya kita tidak perlu mengalami yang dialami oleh mereka.

Melihat garis besar yang tidak disukai FTC atas Vemma ini adalah sebenarnya ada 3 yang paling penting di antara yang lain, yaitu:

  1. dibayar berdasarkan adanya barang yang berpindah dan bukannya merekrut distributor (lihat penjelasan lebih lanjut)
  2. marketing plan memberi insentif untuk membeli lebih banyak produk untuk mendapatkan bonus yang lebih besar (misalnya bonus sponsor atau max out bonus pairing/ override)
  3. menampilkan income disclosure dan tidak berlebihan dalam mempromosikan bisnisnya

PENJELASAN

Bila Anda telah membaca artikel dari FTC tadi maka ibaratnya FTC sedang berkata, “Ini hal- hal yang tidak kami sukai, dan bila Anda melakukan ini kami akan memberikan Anda konsekuensi buruknya.”

Kurang lebih seperti itu.

Penjelasan ini memang tidak akan mudah tapi tetap akan saya infokan.

NO 1 adalah dibayar berdasarkan adanya perpindahan barang, dan bukannya merekrut distributor. Bila dalam bisnis MLM Anda, Anda menggunakan kata- kata dalam presentasi Anda seperti, “Hey bila Anda rekrut sekian orang maka Anda akan menghasilkan sekian dollar/ rupiah” maka ini adalah yang dimaksudkan dalam hal ini oleh FTC.

Lalu bagaimana kata- kata yang seharusnya kita pakai?

Jawabannya adalah seperti ini, “Kita dibayar sekian rupiah/ dollar kita kita menjual paket produk tersebut.” Maka Anda akan aman, ini menurut FTC.

NO 2 adalah tentang belanja lebih banyak produk.

File FTC berkata ini juga adalah 1 masalah yang cukup disoroti oleh mereka, yaitu misalnya ada 2 paket autoship/ tutup point, dan bila perusahaan ini menawarkan dengan melakukan tutup point di paket yang lebih besar maka Anda akan mendapatkan bonus rekrut yang lebih besar.

NO 3 adalah file FTC berkata untuk sebuah perusahaan menampilkan income disclosure seperti berapa banyak top income earner menghasilkan, berapa banyak orang join yang tidak menghasilkan uang, dll.

Selain itu yang penting adalah untuk bagaimana membudayakan di tim supaya mereka tidak menceritakan sesuatu dengan terlalu berlebihan tanpa memberikan gambar besarnya. Contoh bila Anda bercerita tentang kisah sukses 1 orang yang merekrut 2 orang, dan dalam sekian waktu ternyata bisa berkembang menjadi sekian ribu orang, dan Anda berkata kepada banyak orang lain bahwa “Anda juga bisa melakukannya!”

Berkata seperti ini artinya kita tidak memberikan gambaran besar kepada mereka. Mengapa demikian?

Seolah- olah memberikan impresi/ kesan kepada orang tersebut bahwa ini adalah yang normal, rata- rata dan semua orang bisa melakukannya.

Kita harus berkata di depan, “Hey, si Joe rekrut 2 orang dan kemudian menemukan beberapa orang luar biasa di dalamnya. Wow, mungkin dia beruntung, tapi menjadi seperti dia tidak mudah dan butuh kerja dan disiplin.”

Itu baru kita memberikan gambaran seutuhnya.

Bukan hanya memberikan info ‘manis’nya saja kepada banyak orang hanya supaya mereka juga mau bergabung menjalankan bisnis MLM anda, tapi Anda juga menginfokan bahwa ada juga orang yang gagal menjalankan bisnis ini, walaupun mereka masih tetap mengkonsumsi produknya dan mendapaktan manfaat nyata dari itu.

YANG DIRASAKAN ANGGOTA TIM

Banyak leade yang tentunya keluar dan mencari perusahaan baru di luar Vemma, dan saya telah melihat beberapa video yang direkam oleh leader besar Vemma yang berkata dia join MLM lain.

Sah- sah saja untuk menyebrang ke perusahaan lain, yang disoroti di sini adalah untuk sedini mungkin menghindari konflik.

Bila sudah tahu info seperti ini, silahkan cek perusahaan Anda apakah ada 3 hal tadi yang mungkin ada di sana?

Bila Anda, maka itu warning untuk Anda, silahkan lakukan sesutu yang bisa Anda lakukan.

Karena bila nasi sudah menjadi bubur seperti ini, maka yang ada adalah kekecewaan dan perpecahan banyak terjadi di dalam tim.

DAMPAK BAGI INDUSTRI MLM

Tentu tidak ada dampak bagus yang bisa didapatkan dari kasus ini untuk industri MLM secara umum. Tapi masih ada orang- orang di luaran sana, di facebook khususnya yang malah membagikan link MLM mereka untuk menawarkan kepada orang- orang Vemma untuk begabung dengan mereka.

Hal ini sah saja untuk menawarkan kepada mereka, tapi cara yang digunakan tidak tepat dan benar- benar terlihat tidak profesional.

Semoga lebih banyak orang yang menjalankan industri ini dengan lebih profesional dengan etika bisnis yang nyata dan standard tinggi.

MLM YANG BAGUS

Masih banyak perusahaan MLM yang bagus di luaran sana yang sesuai dengan peraturan FTC khususnya bila mencari perusahaan yang dari Amerika.

Fakta lapangan membuktikan perusahaan Amerika 90% bertahan dan tidak merubah compensation plan mereka dalam 5 tahun pertama setelah buka, yang mana ini merupakan kebalikan dari banyak perusahaan MLM dari di luar Amerika yang tidak sampai 5 tahun selalu mengalami tutup, perubahan compensation plan, atau yang lain.

Jadi perusahaan Amerika terkenal bagus dan untuk itulah info update yang seperti ini saya rasa penting bagi kita.

Demikian dulu artikel kali ini, next akan diupdate lagi kabar seputar Vemma ini sesuai dengan kondisi terbaru.

Berbagi dengan dunia, sahabat, & teman2! Mereka akan berterima kasih kepada Anda karena membagikan posting yang bermanfaat.

Posted on Nov 11, 2015

About the Author

Johan adalah seorang distributor MLM dan telah berada di industri ini mulai tahun 2009. Secara profesional mengembangkan bisnisnya secara online dan offline, nasional dan internasional.
Berawal dari keinginan untuk membangun aset & passive income, pelajaran membangun aset melalui bisnis MLM pun dimulai.

Menyadari lebih banyak orang yang gagal daripada yang sukses di bisnis apapun (termasuk bisnis jaringan), maka Johan berinisiatif membuat website ini, yang ditujukan kepada orang- orang yang ingin sukses membangun aset di bisnis jaringan bersama dengan tim Johan untuk mencapai sukses.

Top