Categories: Awam Bisnis MLM

Banyak orang telah berpendapat negatif tentang MLM, salah satu yang umum yang saya dengarkan selama ini adalah seputar bisnis MLM yang berbohong/ scam/ menipu, bagaimana dengan Anda?

Scam17

Ini merupakan kontroversi yang harus diangkat, diluruskan dan berikan kebenaran maupun klarifikasi secara detail supaya semakin banyak orang mengetahui kebenaran & mindset yang benar untuk menghadapi informasi ini. Berita bagusnya masyarakat Indonesia semakin terbuka, kritis & mau belajar seputar bisnis MLM ini.

Daftar ‘scam’ ini akan ditambahkan terus dari waktu ke waktu seiring waktu.

#1 Mark up Harga walaupun berkualitas

Tidak semua MLM punya produk berkualitas, tapi sebagian yang terkenal & berjalan jangka panjang, serta sudah punya track record atau malah mencantumkan hasil riset, perusahaan semacam itu punya produk yang bisa dipertanggung jawabkan dan bisa membantu konsumennya.

Mark up harga dan membuat harganya mahal, sebenarnya ini tidak hanya terjadi di dunia MLM, dan sebutannya di dunia bisnis adalah untuk memberikan orang lain margin/ profit bagi yang bekerja sama karena untuk menjangkau pasar secara luas kita tidak bisa egois dengan hanya berbisnis yang menguntungkan kita sendiri melainkan banyak pihak harus diuntungkan.

teh dalam kemasan

Contoh paling mudah untuk memberitahukan bahwa ini terjadi di kehidupan sehari- hari adalah misal teh dalam kemasan/ botol.

Menurut Anda berapa HPP/ harga dasar sesungguhnya segelas teh? Rp500 – Rp1,000 bukan? Hanya butuh air dan daun teh, dan malah banyak terjadi sekarang bukan hanya daun tehnya yang dipakai melainkan ekstrak tehnya saja (rasa teh).

Tapi berapa Anda beli sebotol Teh Botol Sosro? Rp5,000? dll.

Mengapa hal ini terjadi?

Supaya ada yang mau menjualkan teh Botol Sosro, sehingga orang dari kota Malang tidak perlu jauh- jauh ke pabrik Teh Botol Sosro untuk menikmati teh tersebut. Sangat simple konsepnya.

Semua produk mengalami hal yang seperti ini, bagi- bagi margin, menguntungkan orang lain.

KESIMPULAN:

Jadi menurut saya asalkan produknya berkualitas dan memberikan hasil yang diharapkan, maka dalam bisnis termasuk MLM sah saja produknya dijual harga berapapun asalkan pembeli & penjual setuju, laku di pasaran, punya daya saing dengan yang lain maka itu lebih dari cukup untuk dipasarkan karena tidak merugikan orang lain.

Bila Anda tahu MLM yang punya produk asal, produk me too, dan tidak jelas asal & latar belakangnya yang dipasarkan hanya untuk keuntungan jangka pendek, maka hal itu bukanlah yang layak untuk Anda beli. Sangat tidak direkomendasikan membeli produk yang seperti itu.

 

#2 MLM hanya jual sistem & iming- iming hasil besar

Tentunya bila hal ini adalah benar, maka saya sendiri tidak akan masuk. =)

Begini maksud saya, semua orang ingin kehidupan yang lebih baik (termasuk Anda & saya) dan hal ini hanya bisa terjadi apabila Anda membantu banyak orang untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan.

MLM yang benar adalah produk harus prioritas, harus bagus, unik, tidak ada di pasaran, hasil riset, punya nilai jual & manfaat yang besar, dan semua bisnis nomor satu adalah produknya harus bagus. MLM adalah sebuah bisnis, bukan mainan atau apapun yang lain, untuk itu perusahaan MLM yang benar juga akan mengedepankan sebuah konsep di industri tertentu untuk produknya.

prod_info_300x300

Bila ada perusahaan baru muncul kemudian tidak jelas asal produknya tapi yang dikedepankan hanyalah sistemnya saja maka ini bukan yang disarankan, dan menurut saya Anda juga harus memberitahukan ke banyak orang supaya tidak masuk ke MLM yang modelnya seperti itu.

Di luar semakin banyak bukan hanya MLM melainkan money game yang tidak mengedepankan produk tapi hanya sistemnya saja.

Sistem dan lain sebagainya memang harus bagus karena perusahaan MLM mengandalkan distributornya dan tanpa iklan, melalui rekomendasi/ mulut ke mulut untuk referensikan produknya yang bagus, hanya saja sistem bisa ditiru di jaman yang serba canggih.

Salah satu ciri MLM yang ingin long term dan serius sebagai sebuah perusahaan adalah produk yang unik, sistem & profesionalitas perusahaan juga menentukan bisnis mereka. Produk yang unik juga adalah refleksi perusahaan yang profesional.

 

#3. to be continued

Berbagi dengan dunia, sahabat, & teman2! Mereka akan berterima kasih kepada Anda karena membagikan posting yang bermanfaat.

About the Author

Johan adalah seorang distributor MLM dan telah berada di industri ini mulai tahun 2009. Secara profesional mengembangkan bisnisnya secara online dan offline, nasional dan internasional.
Berawal dari keinginan untuk membangun aset & passive income, pelajaran membangun aset melalui bisnis MLM pun dimulai.

Menyadari lebih banyak orang yang gagal daripada yang sukses di bisnis apapun (termasuk bisnis jaringan), maka Johan berinisiatif membuat website ini, yang ditujukan kepada orang- orang yang ingin sukses membangun aset di bisnis jaringan bersama dengan tim Johan untuk mencapai sukses.

Top